Doa Pada Ketika Mencari Pekerjaan

Kerapkali seorang yang pintar, dan berhasil masuk di sekolah tinggi tinggi yang populer dan anggun akreditasinya, pada ketika ia lulus, terlihat begitu angkuh. Apalagi ia berasal dari keluarga yang kaya raya, maka terang sekali ia cenderung mengandalkan kekuatan, kepintaran, dan kekayaannya dalam bertarung untuk memperoleh kerja.

Dia lupa bahwa semua kesuksesannya itu berasal dari Tuhan. Lalu tidak pernah berdoa. Kalau bukan Tuhan yang memperlihatkan kekuatan, kesehatan dan napas hidup untuknya, maka ia tidak akan bertahan di dalam dunia ini.

Satu detik saja Tuhan lepas tangan dari kamu, maka hidup kau berakhir. Napas akan berhenti. Lalu dengan kehebatan apa yang kau banggakan?

Untuk itulah, mari jadikan Tuhan yang utama dalam setiap kegiatan kau melalui doa yang tidak pernah berhenti.
 dan berhasil masuk di sekolah tinggi tinggi yang populer dan anggun akreditasinya Doa Pada Saat Mencari Pekerjaan
Pixabay Images
Jangan berdoa pada ketika mencari pekerjaan saja. Seharusnya jadikan doa menyerupai masakan kita sehari-hari. Berdoa pada ketika kita membuka mata, menghela napas di pagi hari. Mengucap syukur, kemudian katakan segala undangan kamu. Minta penyertaan Allah dalam setiap rencana. Entah itu untuk melamar kerja, atau melaksanakan kegiatan lain.

Kita sering ragu, tidak percaya diri, atau tidak punya nyali samasekali untuk melamar pekerjaan lantaran merasa orang lain lebih hebat, sukses. Latar belakang pendidikan di kampus ternama. Mereka punya banyak pengalaman. Sementara saya? Baru lulus kuliah, dan pertama dalam hidup pergi melamar kerja sendirian.

Merasa tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan mereka. Akhirnya, jadi takut dan khawatir.

"Ya sudahlah, saya tidak jadi melamar kerja di kantor/perusahaan ini." Pasti kau pulang dan merasa sia-sia hidup ini. Sudah niscaya kau menangis.

Namun, percayalah, tidak ada yang tidak mungkin jikalau kita mengandalkan Tuhan dalam setiap rencana. Yakin sungguh bahwa dengan proteksi Allah, kau bisa dan bisa sama dengan mereka yang kelihatannya luar biasa itu. Tuhan di atas segalanya yang ada di muka bumi ini.

Dengan catatan, Kamu tidak mengandalkan dirimu sendiri. Sombong, dan merasa paling hebat dari yang lain. Ingat, kesombongan pangkal dari kejatuhan.
Sudah siap berdoa? Mari kita lihat beberapa tumpuan di bawah ini.

Tuhan berikan saya kemampuan

Ya Allah, besok pagi saya merencanakan untuk pergi melamar kerja di perusahaan yang cukup besar. Rasanya saya tidak bisa untuk bersaing dengan mereka yang mempunyai banyak pengalaman bekerja, lantaran saya terlalu jauh dari kriteria yang diperlukan oleh perusahaan.

Tuhan, meskipun segala persiapan sudah ku lakukan, namun tetap saja saya merasa masih kurang. Satu ahad sebelumnya saya mencari semua info mengenai beberapa perusahaan yang menyediakan lowongan kerja, dan melihat persyaratan yang diminta begitu sulit.

Untuk itulah Tuhan, tidak ada jalan dan cara lain yang bisa saya lakukan, selain tiba kepada Engkau memohon kekuatan dan penyertaan Engkau semoga saya mendapat kekuatan dan keberanian untuk berjuang.

Di dalam nama Tuhan saya pasrahkan seluruh pergumulanku ini. Amin.

Allah Engkau tahu kondisiku ketika ini, dimana saya sungguh memerlukan pekerjaan

Tuhan Engkau maha tahu semua yang terjadi atas hidupku hari kemarin dan hari ini. Pikiranku sangat kalut. Aku membutuhkan proteksi dan petunjuk dari Tuhan untuk mulai melangkahkan kaki menuju ke banyak sekali perusahaan.

Ya Allah, saya hanya bersandar kepada-Mu, lantaran hanya Engkaulah Bapa yang mengerti dan peduli terhadap kehidupanku. Saat ini saya tiba menghampiri hadirat-Mu menyerahkan seluruh rencana  yang akan saya jalani.

Tuhan, berat usaha ini. Untuk mendapat lapangan kerja baru, betapa keras saya berusaha sekuat tenaga, namun sejauh ini saya selalu mendapat tanggapan penolakan. Padahal saya sangat merindukan sebuah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Aku benar-benar merasa frustasi Tuhan. Bagaimanapun saya tetap percaya bahwa Engkau tidak pernah melepaskan saya sendiri menghadapi kesusahan. Engkau setia, bahkan pada ketika yang sulit sekalipun. Engkau takkan membiarkan saya menjadi peminta-minta di jalanan. Apalagi saya dipermalukan.

Bangkitkanlah semangatku ya Allah untuk tidak mundur, tapi justru semakin berapi-api berjuang tanpa mengalah sedikitpun, dan menganggap semua kegagalan itu yaitu cambuk penyemangat. Bukan tamat dari segalanya tapi awal.Terima kasih Tuhan. Amin.

Tuhan, saya rindu punya pekerjaan yang layak

Tuhan, ke dalam tangan pengasihan-Mu saya taruh semua keinginanku ini. Aku sadar bahwa tanpa campur tangan Tuhan yang maha kuasa, maka sia-sialah apa yang saya lakukan. Oleh alasannya yaitu itu, berikan saya doktrin yang kuat, keyakinan yang sungguh-sungguh hanya kepada Engkau, sehingga apa yang saya rindukan sanggup tercapai sesuai dengan kehendak-Mu saja.

Aku ingin punya penghasilan tetap setiap bulan semoga sanggup membiayai kehidupanku dan keluargaku, lantaran saya yaitu tulang punggung keluarga.

Tuhan jualah yang menjadi Bapa bagiku di dalam perjuanganku ini. Aku yakin bahwa Allah sudah menyediakan daerah yang layak bagiku untuk bekerja, dan dengan cara Tuhan saya sanggup menemukan apa yang saya inginkan, bukan dengan caraku. Terima kasih ya. Allah Amin.

Persiapkan saya Tuhan untuk menghadapi wawancara kerja

Ya Allah yang baik, ketika ini saya sedang mempersiapkam diri untuk menghadapi wawancara kerja, tolong berikan saya kekuatan dan kepercayaan diri yang besar pada ketika saya berhadapan dengan mereka yang mewawancaraiku.

Aku sangat gugup dan tidak sanggup membayangkan ketika saya duduk di depan mereka yang menanyakan saya dengan banyak sekali macam pertanyaan, kemudian saya membisu seribu bahasa, dan saya takut tidak bisa menjawabnya dengan baik.

Namun saya begitu berharap kali ini saya bisa menjemput apa yang kuimpikan dalam hidup ini, yaitu pulang ke rumah dengan membawa kabar baik, bahwa saya berhasil. Ini merupakan tantangan yang sangat berat dalam hidup ini.

Sertai saya Tuhan, dan buatlah saya yakin Engkau ada beserta ku sampai setiap pertanyaan yang mereka tanyakan yang sepertinya sukar menjadi gampang. Aku yakin, lantaran Engkau ada. Amin.

Catatan
Ketika kita merasa diri kita tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan orang lain. Kita tidak yakin apakah kita sanggup melaksanakan hal yang tersulit ini. Tolong fokus dan membisu sebentar. Tenangkan hati dan pikiranmu kemudian "berdoa dalam hati sejenak."

Katakan; Aku percaya sepenuhnya pada Engkau ya Allahku. Engkau sanggup mampukan saya dalam menghadapi apapun yang tersulit ketika ini. Jangan biarkan saya dipermalukan, atau terlihat menyerupai orang ndeso yang tidak bisa menjawab pertanyaan mereka.

Ingat, rasa takut menciptakan kau hilang konsentrasi. Yang tadinya kau sudah mantap, sekejap itu juga buyar. Makara kuncinya hanya satu; tenangkan diri, dan yakin kau bisa.

Kalau sudah sanggup pekerjaan yang sesuai dengan kriteria kamu, jangan lupa pertama-tama pulang ke rumah kemudian mengucap syukur dan terima kasih untuk Tuhan.

Demikian beberapa tumpuan doa pada ketika mencari pekerjaan yang sanggup saya berikan. Kiranya membantu.

Post a Comment

0 Comments