14 Manfaat Besar Serai Untuk Kesehatan Juga Dampak Samping

14 Manfaat besar serai untuk kesehatan juga imbas samping. Serai bergotong-royong sangat praktis kita jumpai. Ia tidak begitu perlu tumbuh di kawasan yang subur dan diberi pupuk menyerupai tumbuhan lainnya. Tapi bagi yang serius ingin membudidayakan serai untuk bisnis [menjual ke pasar], mungkin harus memperhatikan kwalitas, sehingga mesti mencari bibit dan cara tanam yang baik.

Serai juga bisa di tanam di pekarangan rumah sendiri, bahkan di pot yang disesuaikan. Dengan begitu, kalau sedang memasak ikan asam pedas, atau ikan kuah kuning [masakan khas Manado], tidak perlu beli ke pasar. Langsung memotong di samping rumah. Yang saya tahu, serai digunakan hampir di semua masakan.

Ada banyak sekali vitamin di dalam serai seperti, vitamin B2, vitamin B1, vitami A, vitamin B3, dan vitamin B6. Ada juga mineral, tembaga, zat besi, kalsium, kalium. Kemudian senyawa fenolik yaitu, quercetin, luteolin, kaempferol, asam klorogenat, katekol dan glikosida.
 Manfaat besar serai untuk kesehatan juga imbas samping 14 Manfaat Besar Serai Untuk Kesehatan juga imbas samping
Masakan memakai serai. Pixabay Images
Selain masakan, banyak juga manfaat sehat yang bisa didapat dari tumbuhan ini yakni, mengobati insomnia [sulit tidur], anemia, gangguan pernapasan dan lambung, sebagai antibodi, demam, infeksi. Mengobati radang sendi dan bengkak. Mengatasi anyir badan, dijadikan sebagai ramuan obat alami, juga untuk parfum. Serai diketahui digunakan untuk terapi mengurangi kecemasan, stres dan masih banyak lagi.

Kita sanggup mengusir nyamuk dengan minyak serai. Gosok minyak secukupnya ke badan, dan nyamuk akan kabur. Hebatnya lagi, ular juga tidak berani bertamu ke rumah, kalau ada serai di samping rumah atau ditanam di dalam pot.

Jika mau tahu lebih terperinci ihwal serai, mari baca hingga selesai.

1. Mengurangi kadar kolesterol

Orang dengan kolesterol tinggi berisiko terjangkit penyakit serangan jantung dan stroke. Jika sudah mempunyai kondisi demikian, maka mereka harus mengonsumsi banyak sekali obat jantung dan stroke. Selain itu harus mengikuti terapi. Tentu kita tidak ingin demikian. Ada kata bijak "mencegah lebih baik dari pada mengobati."

Saat ini mungkin mengonsumsi serai merupakan pilihan yang baik untuk kita terhindar dari materi kimia yang bisa menimbulkan imbas jelek untuk tubuh. Pada tahun 2011, Food and Chemical Toxicology, menerbitkan sebuah tajuk ihwal penelitian terhadap serai, ternyata punya sifat anti-hiperkolesterolemia dan anti-hiperlipidemik yang mempunyai kolesterol sehat.

Selain itu dilakukan penelitian terhadap binatang dan memperlihatkan kalau mengonsumsi serai secara teratur dalam jumlah normal, bisa membantu menjaga kolesterol tetap sehat, termasuk kolesterol jahat [LDL], dan membantu menghindari penimbunan lipid dalam pembuluh darah.

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Mengonsumsi serai sanggup membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker serta meningkatkan imun tubuh, lantaran serai diketahui punya antioksidan tinggi dan senyawa kimia menyerupai sitral. Senyawa ini mempunyai imbas yang sudah terbukti memerangi sel kanker hati pada fase awal dan kanker kulit.

Penelitian lain juga telah memperlihatkan dukungan terhadap serai mengenai imbas senyawa sitral ini dalam pencegah tumbuhnya sel kanker payudara insan serta induksi apoptosis.

3. Mengobati rematik

Serai sanggup digunakan untuk membantu mengobati nyeri tulang [ngilu], keseleo, radang sendi lantaran rematik [rheumatoid arthritis]. Biasanya minyak esensialnya yang sering digunakan untuk memijat. Untuk mengobati tulang yang ngilu, ambil beberapa batang serai, memarkan atau ditumbuk lalu oleskan. Digunakan di dalam kuliner juga bisa membantu.

4. Kesehatan pencernaan

Serai sanggup membantu meminimalisir peradangan usus, juga memperlancar buang air besar. Diketahui minyak serai tersebut mempunyai sifat antimikroba, yakni bisa meningkatkan usus sehat dan terhindar dari penyakit pencernaan. Biasanya orang dengan gangguan pencernaan, praktis mengalami sembelit dan diare, Serai sangat bermanfaat untuk mengatasinya.

5. Mengatasi nyeri

Sakit kepala dan migrain yang kita alami sangat mempengaruhi setiap aktivitas. Bisa jadi pekerjaan yang harusnya diselesaikan malah terbengkalai. Serai mempunyai sifat analgesik menyerupai obat sakit kepala yang biasanya dijual di toko. Serai sanggup mengobati memar. Membantu meredakan kejang, memperbaiki sirkulasi darah, kram otot, sakit pinggang dan keseleo.

6. Memerangi anyir badan

Serai sanggup mengatasi anyir badan, basil dan infeksi jamur. Ia berfungsi juga sebagai deodoran. Orang yang kakinya anyir busuk dan susah diatasi, sanggup memakai serai dengan cara serai dimemarkan, lalu taruh di wadah yang sudah diisi air secukupnya. Rendam kaki beberapa menit, maka anyir kaki akan pergi, sekalian kaki yang sakit bisa sembuh.

7. Sebagai detoksifikasi tubuh

Pada tahun 2003 telah diadakan sebuah studi ihwal manfaat serai yang salah satunya adalah, membantu mengeluarkan limbah racun berbahaya dalam tubuh kita, lantaran serai punya sifat diuretik. Mendetoksifikasi organ-organ tubuh, juga menyangkut ginjal, hati, dan membantu mengurangi kadar asam urat dan memperlancar buang air kecil.

8. Sebagai antiseptik yang sangat efektif

Selain sebagai analgesik, serai juga mempunyai fungsi antiseptik, yang sanggup mengobati infeksi jalan masuk kemih, oleh lantaran ia mempunyai sifat anti-jamur dan anti-mikroba. Selain itu, mengobati luka, scabies, kurap, kudis dan athlete's foot.

Sebuah penelitian menyampaikan bahwa, ramuan serai membantu menyembuhkan infeksi dermatologis, yaitu infeksi ragi yang membantu mencegah pertumbuhan patogen. Bukti pendukung lain juga memperlihatkan bagaimana mujarabnya minyak serai [cedarwood, thyme, dan patchouli] dalam mengobati banyak sekali penyakit.

9. Membantu menenangkan sistem saraf

Serai juga bisa digunakan untuk terapi mandi. Jika tubuh kita pegal-pegal, saraf dan otot tegang, cemas oleh lantaran seharian melaksanakan banyak sekali aktivitas, serai sangat baik untuk mengendurkan dan menenangkan saraf. Juga membantu mencegah vertigo serta kejang-kejang.

10. Obat nyamuk

Serai sanggup mendapatkan amanah sebagai obat nyamuk alami untuk mengusir nyamuk yang mengakibatkan demam berdarah, malaria juga penyakit lyme. Hal ini terdapat dalam minyak serai yang sangat efektif. Penelitian telah membuktikannya.

11. Meningkatkan Kekebalan

Jika sistem kekebalan tubuh kita kuat, maka secara tidak pribadi seluruh tubuh kita pun sehat. Tidak praktis terjangkit banyak sekali penyakit. Serai yaitu tumbuhan yang punya banyak manfaat. Ia membantu menyembuhkan organ vital di dalam tubuh kita mencakup penyakit jantung, anemia, pencernaan dan pernapasan.

Penelitian memperlihatkan bahwa, serai sanggup bertindak sebagai anti-inflamasi dan sitral yang mana  sanggup menjadi penyebab imbas penghambatannya terhadap produksi sitokin. Ekstrak serai juga diketahui sangat baik untuk mengatasi peradangan.

12. Mengatasi batuk, flu dan pilek

Seperti diketahui bahwa, serai sanggup membantu mengatasi batuk, flu, pilek dan hidung tersumbat. Ia punya sifat anti-jamur dan anti-bakteri, juga mengandung vitamin C yang niscaya untuk menguatkan daya tahan tubuh. Kita bisa merebur beberapa batang serai, cengkeh, daun teh dan kunyit secukupnya [jangan banyak]. Ini berkhasiat untuk membentuk dahak dan memecah lendir.

13. Membantu mengobati diabetes tipe-2

Serai punya imbas positif terhadap diabetes tipe-2. Membantu menstabilkan kadar glukosa darah yang optimal dalam tubuh. Kemudian, kandungan sitral yang ada pada serai paling efektif mengatur kadar insulin dalam darah. Namun harus konsultasi dengan dokter, kalau sedang dalam pengobatan diabetes.

14. Membantu menstabilkan tekanan darah abnormal

Serai merupakan materi alami yang sanggup membantu menstabilkan tekanan darah tinggi. Hal yang membuatnya sangat berkhasiat karena, ia mempunyai kalsium yang melimpah, sehingga membatu memperlancar produksi urin, dan kesudahannya besar lengan berkuasa positif untuk menstabilkan tekanan darah dan merangsang fatwa darah.

Fungsi lainnya yaitu memperkecil daya serap kolesterol dari usus dan menambah kesehatan jantung. Jika sedang dalam pengobatan dokter, harus konsultasi dengan dokter ketika akan memakai serai.

Manfaat lain serai
  • Sebagai nutrisi sangat manis untuk rambut juga kulit
  • Mengatasi kulit berminyak dan berjerawat
  • Tonik kulit dan pembersih yang efektif lantaran kualitas antiseptik dan astringent
  • Mengobati eksim
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Mengecilkan pori-pori
  • Membantu mengobati tenggelam otot dan kejang
  • Digunakan untuk parfum, deodoran, lilin aroma
  • Membantu membersihkan tubuh kita dari natrium dan cairan yang berlebihan
  • Mengurangi lemak di perut
  • Membantu menambah oksidasi asam lemak di tubuh
  • Menurunkan demam dan panas
  • Membantu meredakan sakit punggung, kram otot, kejang, keseleo dan memar
  • Membantu meningkatan kemampuan kognitif
  • Membantu menjaga sel-sel tubuh dari radikal bebas
  • Membantu membersihkan darah dan memperkuat limpa untuk membuang sel darah merah yang ternoda
Teh serai
  • Teh serai punya sifat anti-mikroba
  • Membantu menyembuhkan Sakit Tenggorokan
  • Merangsang drainase getah bening dan mengeluarkan racun dari tubuh
  • Membantu pengobatan diabetes
  • Membantu memperabukan banyak kalori
  • Membantu memperbaiki metabolisme tubuh
  • Membantu membersihkan ginjal
  • Mengatasi gigi berlubang dan infeksi ekspresi lantaran punya sifat anti-mikroba
  • Membantu mencegah alergi, batuk dan pilek
  • Dapat meningkatkan fungsi pankreas. Minyak serai bisa menghambat atau membasmi pertumbuhan jamur dan bakteri
Minyak serai
  • Menghilangkan ketegangan, rasa sakit, tekanan, yang bisa berakibat sakit kepala
  • Membantu merawat dan menenangkan penderita depresi juga kecemasan, lantaran sebagai aroma terapi
  • Meredakan demam, pilek, flu dan hidung tersumbat
  • Dipakai sebagai aromaterapi lantaran imbas terapeutiknya sanggup membantu merevitalisasi tubuh
  • Punya kualitas toning dan astringent alami yang bisa membantu memperbaiki jaringan kulit serta menstimulasi sirkulasi darah
  • Secangkir teh serai per-hari bisa melenyapkan nyeri lantaran haid
  • Membantu mengatasi mual
  • Sangat baik digunakan untuk memijat
  • Dikenal sebagai pengusir serangga menyerupai semut
  • Dapat digunakan untuk membasmi kutu
  • Membantu menjaga lapisan lambung dan meningkatkan pencernaan.

Sumber: Basis data Gizi Nasional USDA
------------------------------------
Nilai gizi per 100 gram serai segar
------------------------------------
Persentase Nilai Gizi Prinsip RDA
Energi 99 Kkal - 5%
Karbohidrat - 25,31 gram - 19%
Protein 1,82 gram - 3%
Total Lemak 0,49 gram - 2%
Kolesterol 0 miligram - 0%
----------------------------
Vitamin
-------------
Folat 75 ug - 19%
Niasin 1,101 miligram - 7%
Pyridoxine 0,080 miligram - 6%
Riboflavin 0,135 miligram - 10,5%
Thiamin 0,065 miligram - 5,5%
Vitamin A 6 miligram - 1%
Vitamin C 2,6 miligram - 4%
-------------------
Elektrolit
-----------------
Sodium 6 miligram - 1%
Potassium 723 miligram - 15%
----------------------------
Mineral
---------------------
Kalsium 65 miligram - 6,5%
Tembaga 0,266 miligram - 29%
Besi 8,17 miligram - 102%
Magnesium 60 miligram - 15%
Mangan 5,244 miligram - 228%
Selenium 0,7 ug - 1%
Seng 2,23 miligram - 20%
 Manfaat besar serai untuk kesehatan juga imbas samping 14 Manfaat Besar Serai Untuk Kesehatan juga imbas samping
Ilustrasi teh serai. Pixabay Images
Apakah orang Indonesia suka minum teh serai? Sepertinya tidak begitu terdengar gaungnya. Kalau saya ke supermarket juga tidak menemukan teh serai sedangkan minuman jahe sangat banyak dijual. Mungkin mereka lebih menentukan atau lebih terbiasa dengan teh yang terbuat dari jahe merah.

Padahal, kalau minum secangkir teh serai di soreh atau malam hari ditemani alunan musik sangat menyenangkan. Badan terasa segar dan hangat. Ia tidak cuma menciptakan tubuh merasa nyaman dari dalam, tetapi sinar senang pun terpancar. Benarkah?

Tentu, lantaran serai merupakan detoks alami. Minuman herbal yang sungguh menyehatkan, Jauh dari kafein dan tanin. Masukkan dua batang serai ke dalam teko [air panas] 15 menit. Atau seduh 1 kantong teh bersama serai kering di cangkir dan nikmati.

Ah, sayang sekali kalau tidak mencobanya. Okey, mari lihat seberapa besar manfaat teh serai untuk tubuh.

1. Membantu pencernaan sehat

Menjaga fungsi pencernaan kita lantaran diketahui punya energi pendingin, hingga sanggup menenangkan perut. Di negeri China, mereka sering memakai serai untuk membantu mengobati sempelet, perut kembung, hingga pada pencernaan yang bermasalah.

Alternatif lain dalam membatu mengatasi kram perut dan sakit perut yaitu serai. Seperti keterangan pada tahun 2012, mengenai sebuah studi terhadap tikus yang dipublikasikan oleh National Intitutes of Health,mengatakan bahwa, serai baik untuk mencegah tukak lambung.

2. Sebagai antioksidan

Minum teh serai mempunyai banyak laba yakni, bisa mengeluarkan racun dari tubuh kita dengan cara membuang retensi cairan, sehingga dalam tubuh kita menjadi bersih. Journal of Agrikulture and Food Chemistry telah mempublikasikan sebuah penelitian menyampaikan bahwa, serai punya lebih dari satu antioksidan, dimana antioksidan tersebut berperan paling penting untuk mencegah banyak sekali penyakit berkaitan dengan radikal bebas.

3. Tekanan darah

Penelitian menyampaikan bahwa, mengonsumsi teh serai sanggup membantu menurunkan tekanan darah tinggi lebih baik dari pada teh hijau.

4. Membantu mengurangi tanda-tanda PMS

Secangkir teh serai juga membantu meredakan kram menstruasi, rasa panas. Hal ini lantaran serai punya sifat anti-inflamsi.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Seperti diketahui, teh herbal ini punya sifat hipnotis dan sedatif. Jika mengonsumsi teh serai sebelum beranjak tidur sanggup membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Ia bisa mengendurkan saraf dan otot, sehingga kita bisa rileks, kesudahannya praktis merasa mengantuk dan tidur dengan nyenyak.

6. Membantu mengatasi sakit kepala

Teh serai membantu mengatasi sakit kepala. Ini sama dengan obat aspirin yang biasanya dijual di toko. Memilih teh serai yaitu cara yang lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi obat kimia.

7. Menurunkan risiko kanker

Rasa jeruk yang terdapat dalam serai ini diketahui sebagai anti-kanker. Ada sejumlah kompenen serai bisa membantu mencegah kanker [menambah kekebalan tubuh]. Dengan demikian kita dengan bisa mencegah kanker.

8. Menjadikan rambut lebih sehat

Selain menikmati aroma terapi, serai juga sebagai minuman herbal yang hebat. Ada banyak sekali kelebihannya yaitu mengatasi ketombe dan gatal-gatal lantaran ketombe. Selain itu, bisa menyuburkan rambut, menguatkan folikel rambut dan mencegah kerontokan rambut.

9. Mau mengurangi bobot tubuh?

Teh serai bisa digunakan dalam acara diet, lantaran sering digunakan sebagai detoksifikasi untuk membantu mengurangi bobot tubuh. Teh serai juga merupakan diuretik alami. Mengganti minuman manis dengan teh herbal serai, dianggap baik untuk acara diet tersebut. Meski demikian, dianjurkan untuk mengkombinasikannya dengan air putih. Artinya tidak hanya minum teh serai saja.

 Manfaat besar serai untuk kesehatan juga imbas samping 14 Manfaat Besar Serai Untuk Kesehatan juga imbas samping
Ilustrasi minyak serai. Pixabay Images
Minyak serai juga tidak kalah penting dalam kegunaannya dengan teh serai. Baca terus ulasan di bawah ini.

1. Pengharum ruangan

Kita bisa memakai minyak serai untuk pengharum ruangan. Paling kondusif untuk pewangi. Udara dalam ruang rumah lantaran tidak mengandung materi kimia. Tinggal campurkan dengan sedikit air, juga boleh variasikan dengan minyak esensial lain, misal, lavender. Selain sebagai pengharum, ia juga bisa difungsikan untuk pembersih alami. Dapat mencegah jamur, basil dan menghilangkan anyir tidak sedap dalam ruangan dan anyir apek. Ini  menurut penelitian.

2. Membantu mengobati infeksi jamur dan ragi

Minyak serai punya dua senyawa penting yaitu limonene dan citral, sehingga menjadikannya ampuh untuk melawan jamur dan bakteri. Selain itu, membantu mengobati infeksi jamur, lantaran mempunyai imbas antibiotik.

Sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa peneliti untuk menguji imbas dari kedua senyawa penting itu terhadap infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur candida albicans, yang biasanya terdapat di darah, tenggorokan, kulit, ekspresi dan alat kelamin. Berdasarkan pengujian tersebut, ditemukan bahwa minyak serai punya kegiatan invitro yang kuat untuk membatu mengobati candida.

3. Membantu mengurangi peradangan

Seperti diketahui, peradangan yaitu akar dari banyak penyakit. Minyak serai sanggup pula membantu mengobati peradangan, lantaran mempunyai sifat anti-inflamasi yang tinggi. Sering digunakan baik secara eksternal dan internal terhadap tubuh kita.

4. Membantu mengatasi kejang otot [muscle relaxer]

Minyak serai bisa membantu mengatasi kejang otot juga kram. Selain itu memperlancar sirkulasi. Oleskan minyak serai ke cuilan otot yang sakit, atau tuangkan beberapa tetes ke dalam air mandi.

5. Rambut sehat

Minyak serai sanggup mengatasi rambut rontok. menguatkan akar rambut, menghilangkan ketombe dan gatal. Pijat lembut kepala dengan minyak serai secukupnya [beberapa tetes], lalu keramas dengan sampo ringan, Ini sekaligus bisa menyingkirkan bau, dan rambut tampak berkilau.

6. Kulit sehat

Salah satu keuggulan dari minyak ini adalah, mempunyai sifat astringent dan antiseptik alami, sehingga sanggup membantu merawat kulit dengan sempurna. Menguatkan jaringan kulit, dan mensterilkan pori-pori, termasuk menghilangkan jerawat.

Sangat penting bahwa harus gunakan minyak serai versi encer dalam rutinitas perawatan kulit, lantaran ia mempunyai imbas yang cukup kuat sendiri.

7. Gangguan Perut

Penelitian menyampaikan bahwa minyak atsiri serai punya sifat anti-bakteri dan anti-mikroba yang membantu melawan infeksi yang diakibatkan oleh banyak sekali patogen menyerupai escherichia coli dan Helicobacter pylori. Mengobati sakit perut, sembelit, mual, diare, dan kolitis ulserativa.

8. Melindungi perut

Sebuah penelitian menyampaikan bahwa, minyak serai bisa berfungsi sebagai senyawa utama bagi perkembangan terapi, yang mana sanggup membantu melawan gastropati yang bekerjasama dekat dengan obat anti-inflamasi nonsteroid.

Penelitian lain yang dipublikasikan pada tahun 2012 menyampaikan bahwa, minyak atsiri serai tersebut punya kelebihan, yaitu sanggup melindungi perut [subjek hewan] dari kerusakan dan penyakit lambung yang diakibatkan oleh obat aspirin dan etanol.

9. Mencegah Flu dan Pilek

Studi  pada tahun 2011 telah menerbitkan sebuah artikel ihwal minyak serai sebagai vaporizer yang punya fungsi sebagai obat manjur untuk mencegah pilek dan flu. Studi ini juga menyampaikan bahwa uap minyak atsiri menghambat pertumbuhan basil resistensi antibiotik secara invitro.

Perhatikan beberapa imbas samping dari serai

1. Wanita hamil dan menyusui
Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi serai selama masa kehamilan dan menyusui. Serai dikatakan sanggup merangsang menstruasi, sehingga ada kekhawatiran bahwa hal itu bisa mengakibatkan keguguran.

2. Bisa mengakibatkan alergi [subjek tertentu]
Meskipun serai banyak fungsinya dan dianggap aman, jangan konsumsi teh serai secara topikal, kerena bisa terjadi alergi pada beberapa orang.

3. Bisa mengakibatkan rekasi berbahaya
Jangan mengoleskan minyak serai yang masih murni pribadi ke kulit tubuh, lantaran bisa mengakibatkan reaksi berbahaya. Minyak serai murni juga sanggup mengakibatkan iritasi kulit dalam beberapa kasus. Ingat, gunakan yang sudah diproses.

4. Jangan pakai serai dalam jangka waktu yang lama
Kecuali digunakan untuk menumis kuliner dengan jumlah normal. kalau digunakan sebagai aroma terapi atau dihirup dalam jangka pendek saja sebagai pengobatan, tidak apa-apa.

5. Penderita jantung harus memakai serai dalam jumlah terbatas
Para peneliti menyampaikan bahwa, laki-laki penderita jantung harus memakai serai dengan jumlah sedang, semoga sanggup menghindari meningkatnya tekanan diastolik dan penurunan detak jantung.

6. Masalah paru-paru
Mereka yang mempunyai problem paru-paru sebaiknya hindari menghirup serai.

7. Jangan konsumsi serai [teh serai] dalam jangka panjang
Tidak disarankan untuk mengonsumsi teh serai dalam jangka panjang. Mengonsumsi teh serai dalam jumlah normal dianggap aman.

8. Teh serai bisa menurunkan kadar gula darah
Penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi teh serai.

Catatan
Tidak dianjurkan untuk menggantikan teh serai dengan resep obat dari dokter. Harus brkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk memakai teh serai dalam kondisi tertentu.

Demikianlah artikel ihwal 14 Manfaat besar serai untuk kesehatan tubuh kita. Semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments