12 Khasiat Sehat Kayu Cantik Untuk Diabetes Serta Efek Samping

12 Khasiat sehat kayu manis untuk diabetes serta imbas samping. Orang Indonesia kalau mendengar jenis rempah ini eksklusif pikirannya melayang ke kuliner yaitu kolak. Berbagai jenis kuliner ringan manis dan minuman segar juga tidak lepas dari taburan kayu manis. Saya kasih teladan jajanan khas yang dihentikan menghindari dari kayu manis yaitu wajik.

Selain sebagai pewangi dan penyedap rasa makanan, ia juga dikenal sebagai obat alami yang memang sudah dipergunakan secara bebuyutan oleh orang bau tanah kita. bahwasanya dari mana sih asal-muasal kayu manis itu? Dan mengapa mempunyai nama kayu manis. Biasanya sebutan manis itu untuk nona [nona manis], lha ini kayu kok manis? He he..
 Khasiat sehat kayu manis untuk diabetes serta imbas samping 12 Khasiat Sehat Kayu Manis Untuk Diabetes Serta Efek Samping
Kayu manis. Pexels Images
Kayu manis pertama tumbuh di Srilanka dan India kemudian menyebar ke negara-negara lain. Indonesia sendiri juga mempunyai hutan kayu manis. Kemudian yang saya tahu, kayu ini paling terkenal di negara kita yang digunakan pada aneka macam jenis kuliner [jajanan], minuman dan kue. Kayu manis punya rasa yang khas. Jika gigit sedikit, maka terasa hangat dan manis. Ia sanggup dibentuk berupa bubuk, juga dalam bentuk minyak [minyak astsiri].

Diambil eksklusif dari pohonnya dengan cara mengupas kulit batang dari pohon tersebut. Tidak saja batang, tetapi sanggup juga cabang dan rantingnya. Tentu saja masih mempunyai sejumlah proses panjang untuk mendapat hasil yang terbaik hingga karenanya sanggup diperdangangkan di sejumlah pasar tradisional maupun di supermarket. Namun saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai cara pengolahannya.

Beberapa hebat dalam bidang ini yang telah melaksanakan penelitian menyampaikan bahwa khasiat dari kayu manis tersebut terletak pada kulitnya yang telah diproses sehingga sanggup menjadi minyak atsiri. Ia mempunyai senyawa penting ibarat flavoniod, antioksidan dan fenolik. Peran besar dari senyawa-senyawa inilah yang mengakibatkan kayu manis sangat bermanfaat di seluruh negara.

Konsumsi setengah sendok teh per-hari berdampak positif pada penyakit neurodegeneratif, pencernaan, kadar glukosa darah, diabetes melitus dan masih banyak lagi.
Ada dua jenis kayu manis, cassia cinnamon mempunyai kadar coumarin yang tinggi dan ceylon cinnamon mempunyai kadar coumarin yang sangat rendah.

1. Menjaga keseimbangan gula darah

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa gaya hidup kita yang tidak sehat sanggup membawa kita kepada aneka macam penyakit. Salah satunya yaitu diabetes. Selain mempunyai keturunan diabetes. Diabetes yaitu ibu dari aneka macam penyakit, dan kayu manis diketahui punya imbas anti-diabetes, membantu menurunkan gula darah, memperlambat perembesan gula darah dan menjaga gula darah supaya tetap seimbang.

Seorang konsultan nutrisi ternama yaitu Lori Kenyon Farley, menyampaikan bahwa kayu manis sanggup membantu mengurangi resistensi insulin, mengurangi kadar gula darah hingga 29 persen, dan ini otomatis kuat pada penurunan diabetes tipe-2. Meski penyakit metabolik tersebut belum sanggup disembuhkan. Sebenarnya apa itu insulin? Insulin merupakan salah satu hormon paling penting yang mengatur metabolisme tubuh dan memindahkan gula dari darah ke sel untuk penggunaan energi.

Selain itu beberapa penelitian terhadap insan memperlihatkan kayu manis sanggup membantu mengurangi gula darah puasa 10-29 persen. Takaran yang baik diberikan yaitu 1-6 gram [0,5-2 sendok teh kayu manis dalam sehari.

2. Membantu mengelola PCOS

Kayu manis yaitu salah satu elemen penting yang sanggup mengelola duduk masalah sindrom ovarium polikistik. Sebagai teladan yaitu mengolah resistensi insulin pada perempuan dengan kondisi PCOS yang mana sanggup mengakibatkan berat badannya bertambah. Sebuah studi yang dilakukan belum usang ini memperlihatkan bahwa kayu manis sanggup membantu menurunkan resistensi insulin terhadap perempuan yang mengalami PCOS, kata Parekh.

3. Membantu mengurangi risiko sakit jantung

Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa ada beberapa kelebihan dalam mengonsumsi kayu manis yakni, sanggup membantu memperbaiki sirkulasi darah dan jaringan yang kuat besar dalam meregenerasi jaringan jantung sehingga sanggup mencegah serangan jantung. Kemudian membantu mengurangi tekanan darah aneh yang punya dampak besar terjadi stroke dan penyakit jantung.

Selain itu, studi yang dilakukan baru-baru ini menyampaikan bahwa kayu manis juga sanggup membantu meningkatkan kadar kolesterol baik [HDL], menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL [jahat], dengan mengonsumsi tidak lebih dari setengah sendok teh per-hari memperlihatkan sebuah imbas yang baik.

4. Membantu mengobati tanda-tanda alzheimer

Kayu manis diketahui mengandung antioksidan tinggi. Membantu mencegah menumpuknya protein tertentu di otak kita sehingga meminimalkan risiko alzheimer. Beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa kayu manis sanggup membantu menjaga fungsi otak kita, terutama bagi mereka yang sudah menderita penyakit alzheimer dan parkinson.

Kedua penyakit ini hingga kini belum sanggup disembuhkan. Jenis penyakit yang seringkali kita temukan pada orang dengan usia lanjut. Namun kenyataannya terkadang penyakit tersebut juga sanggup terjadi pada orang yang usia cukup umur [usia 45 hingga 60 tahun]. Saya telah menemukan mereka. Mengapa? Kemungkinan besar yaitu faktor gaya hidup yang sangat tidak baik.

5. Membantu menjaga kita dari penyakit kanker

Ada banyak faktor yang mengakibatkan seseorang mengidap penyakit kanker, tetapi ada banyak cara juga yang sanggup membantu meminimalkan risiko terjadi kanker. Mari kita hidup sehat, memanfaatkan rempah-rempah yang ada di alam kita, dan kayu manis yaitu pilihan yang baik, tentu masih banyak pilihan lain.

Dikatakan kayu manis sanggup membantu menjaga kita dari kanker oleh sebab ia mempunyai senyawa cinnamaldehyde. Senyawa ini diketahui sanggup membantu menjaga DNA dari kerusakan serta mematikan sel kanker dan menahan perkembangan tumor. Beberapa penelitian terbatas perihal hal ini gres dilakukan terhadap hewan.

6. Mengurangi peradangan

Mengonsumsi kayu manis rutin dalam porsi normal sanggup membantu mengurangi risiko peradangan dan jantung. Ini berdasarkan beberapa peneliti. Mereka menemukan flavonoid dalam jumlah yang banyak dalam kayu manis. Antioksidan ibarat flavonoid, asam fenolik dan polifenol juga kuat besar. Jadi, jikalau orang dengan kondisi ini, sanggup menambahkannya ke dalam bentuk minuman atau makanan. Tapi ingat harus tetap ke dokter.

Selanjutnya kita sanggup mengoles minyak atsiri di penggalan yang tersa nyeri atau jerawat untuk mengurangi rasa sakit sebab peradangan.

7. Memerangi infeksi

Pada poin [4] di atas disebutkan bahwa senyawa cinnamaldehyde yang terkandung dalam kayu manis mempunyai tugas penting dalam membantu memerangi sel kanker dan tumor, namun tidak hanya itu saja, ia punya keunggulan lain sebagai pelindung terhadap infeksi basil yang sanggup menyerang tubuh kita yakni, penyakit radang tenggorokan dan flu. Kemudian minyak atsiri sanggup menambah kekebalan tubuh kita.

8. Pengawet alami makanan

Sepertinya masih sedikit orang yang tahu bahwa kayu manis [bubuk kayu manis] itu sanggup di jadikan sebagai materi pengawet alami untuk makanan. Studi yang belum usang ini dilakukan memberitahukan bahwa pada dikala pektin dilapisi dengan ekstrak daun kayu manis, maka sanggup menghasilkan acara antibakteri dan antioksidan tinggi sehingga tetap awet.

9. Membantu menurunkan kolesterol jahat [LDL]

Saya juga suka mengonsumsi kayu manis meskipun tidak ada hubungannya dengan penyakit diabetes atau kolestrol tinggi. Bagaimana tidak? Jika sedang menciptakan kolak pisang atau kolak kacang hijau, niscaya memerlukan kayu manis. Apalagi yang namanya bubur labu kuning, mutlak harus dipakai. Makanan jadi lezat dan harum. Otomatis ini sangat baik bagi kesehatan.

Yang mesti diperhatikan adalah, dalam masakan tersebut jangan berlebihan santan kelapa. Tidak baik. Dengan konsumsi kayu manis dalam jumlah normal dan tidak dalam jangka waktu panjang sanggup membantu mengurangi imbas terhadap kuliner berlemak. Namun hal ini masih membutuhkan penelitian yang lebih akurat untuk sanggup memastikan.

10. Menjaga kebersihan lisan

Selama ini kita sering membeli obat kumur di toko. Setelah gosok gigi kemudian berkumur supaya napas kita lebih harum, dan tidak wangi mulut. Akan tetapi kayu manis juga sanggup digunakan sebagai obat kumur yang alami. Melalui minyak esensialnya yang punya sifat antibakteri membantu melawan basil di lisan yang mengakibatkan bau. Kita sanggup mencobanya mulai sekarang. Ini tentunya tidak mempunyai imbas jelek sebab tidak mengandung materi kimia.

11. Punya sifat antimikroba

Seorang administrator dan pendidik Ayuverda di Modern Living berjulukan Denise Baron menyampaikan bahwa, rempah kayu manis ini sanggup membantu duduk masalah paru-paru dengan cara mengurangi dan membersihkan lendir dan menambah sirkulasi. Selain itu, ia dikatakan membantu melawan bakteri, virus dan jamur dalam kuliner yang kita masak sehingga tidak cepat busuk atau [basi]. Silahkan mencobanya.

12. Membantu mengurangi pendarahan haid [menstruasi]

Seperti diketahui, kayu manis juga sanggup membantu mengurangi perdarahan haid yang berat yang bekerjasama dengan kondisi kesehatan perempuan yang umum, yakni; fibroid rahim, menoragia, dan endometriosis, lanjut Parekh. Ini berdasarkan sebuah uji klinis yang dilakukan dikala terjadi kondisi tersebut.

Nutrisi kayu manis berdasarkan sumber dari USDA

Fakta nutrisi
Ukuran Porsi:
tsp (2,6 gram)
Jumlah Per Penayangan
Kalori 6,4 - Kalori dari lemak 0,3
----------------------------------
Nilai Harian %
--------------------
Total Lemak 0 gram - 0%
Lemak jenuh 0 gram - 0%
Lemak Trans 0 gram
Kolesterol 0 miligram - 0%
Sodium 0,3 miligram - 0%
Kalium 11 miligram - 0%
Total Karbohidrat 2,1 gram - 1%
Serat Makanan 1,4 gram - 6%
Gula 0,1 gram
Protein 0,1 gram
-----------------------------
Vitamin A - 0,1%
Vitamin C - 0,2%
Kalsium - 2,6%
Besi - 1,2%
Nilai Persen Harian didasarkan pada diet 2000 kalori.

Khasiat lain dari kayu manis yang perlu Anda ketahui

  • Menurunkan tanda-tanda alergi pada tubuh
  • Membantu mengurangi tekanan darah abnormal
  • Memiliki antioksidan tinggi sehingga sanggup membantu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh kita
  • Membantu mencekal stres oksidatif
  • Membantu mengurangi penumpukan oksida nitrat dalam darah
  • Obat alami untuk sakit gigi
  • Mengobati sariawan
  • Membantu mengatasi flu
  • Membantu menurunkan jumlah Candida albicans berbahaya, yaitu ragi penyebab tumbuhnya candida berlebihan dan sanggup menjadikan beberapa duduk masalah autoimun, pencernaan.

Efek samping jikalau berlebihan konsumsi kayu manis

1. Dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain
Tidak dianjurkan bagi mereka yang sedang minum obat secara teratur untuk suatu penyakit, contohnya, obat jantung, diabetes, pengecer darah dan darah tinggi dan masih banyak lagi sebab sanggup berinteraksi.

2. Jangan menghirup eksklusif minyak atsiri
Jika menghirup eksklusif minyak kayu manis [atsiri], maka hal tersebut sanggup kuat pada jantung. Dapat meningkatkan detak jantung. Apalagi penderita jangtung harus hindari.

3. Dapat mengiritasi kulit
Konsumsi kayu manis berlebihan sanggup menjadikan imbas iritasi pada bibir juga mulut, bahkan hingga luka. Jika digunakan eksklusif ke kulit sanggup menciptakan kulit merah dan perih.

4. Ibu hamil dan menyusui hindari konsumsi kayu manis
Bisa menjadikan persalinan prematur atau kontraksi uterus. Harus konsumsi berdasarkan takaran resmi yang ditetapkan atau paling cantik bicarakan dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Mereka yang gres menjalani operasi juga dihentikan konsumsi kayu manis.

5. Bisa merusak hati
Mereka yang menderita penyakit hati harus berhati-hati dalam mengonsumsi kayu manis. Artinya, dihentikan berlebihan. Meskipun jumlah senyawa yang dicerna tidak besar. Tetap bicara dengan dokter sebelum menetapkan konsumsi.

6. Tidak dianjurkan mengonsumsi kayu manis dalam jangka watu lama
Dapat menjadikan tingkat toksisitas dalam tubuh. Adapun takaran resmi kayu manis yang direkomendasi oleh Departemen Kesehatan Amerika Serikat yaitu 6 gram/hari selama enam minggu.

7. Minyak kayu manis menimbulkan sensasi panas
Jangan memegang mata, atau anggota tubuh yang vital jikalau sedang menyentuh minyak kayu manis murni. Hati-hati juga dan jangan mengoles minyak tersebut pada kulit langsung.

8. Mengakibatkan duduk masalah pernapasan
Konsumsi kayu manis dalam jumlah besar sanggup menjadikan duduk masalah pernapasan. Apalagi secara tidak sengaja menghirup bubuk kayu manis sanggup mengakibatkan sesak napas dan batuk. Terutama bagi penderita asma.

9. Menyebabkan hipoglikemia
Konsumsi kayu manis berlebihan sanggup mengakibatkan gula menjadi terlalu rendah [hipoglikemia], juga menjadi pusing, lemas dan mungkin sanggup hingga pingsan.

Catatan:
1. Menggunakan kayu manis dalam jumlah normal untuk bumbu atau sesekali memasukkannya ke dalam minuman teh atau kopi kelihatannya kondusif untuk orang pada umumnya.
2. Tidak boleh menghentikan atau mengganti pengobatan dokter dengan kayu manis. Bicarakan terlebih dahulu dengan dokter.

Demikianlah artikel perihal 12 khasiat sehat kayu manis untuk diabetes serta imbas samping. Semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments