Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini 5 Tips Aman Bekerja di Kantor Saat Pandemi


Sejak pemerintah menghimbau masyarakat umum untuk menggunakan masker kain, sejak itu pula banyak yang jual masker kain. Kemudian masker kain menjadi hal yang wajib dipakai saat keluar rumah, baik untuk waktu yang singkat seperti berbelanja kebutuhan rumah di supermarket maupun untuk waktu yang lama seperti bekerja di kantor.


Aman Bekerja di Kantor Saat Pandemi

Setelah tiga bulan lamanya bekerja dari rumah atau Work From Home, Juni lalu pemerintah mulai memperbolehkan kantor-kantor buka untuk kembali beraktivitas secara normal namun dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Ini berarti Anda juga harus keluar rumah untuk bekerja. Padahal sebelumnya Anda berkali-kali diingatkan bahwa keluar rumah adalah hal yang berbahaya mengingat pandemi ini belum usai dan Anda berisiko tertular virus corona.

Lalu, bagaimana solusinya? Anda bisa mengikuti tips aman bekerja saat pandemi berikut ini:

  1. Masker wajib dipakai
Yang pertama, masker wajib dipakai. Selama Anda bekerja di kantor, selama itu pula Anda wajib memakai masker. Mungkin Anda merasa tidak nyaman. Namun mencopot masker demi kenyamanan sementara tidak sebanding dengan risiko tertular virus corona.

Selain mengenakan masker, Anda juga perlu membawa masker cadangan. Ingat, masker kain tidak boleh dipakai lebih dari 4 jam. Jadi, untuk Anda yang bekerja selama 8 jam setiap harinya, Anda perlu membawa setidaknya dua masker cadangan. Jika Anda hanya punya satu, Anda bisa membeli beberapa masker kain sekaligus dari tempat yang jual masker kain.

  1. Patuhi protokol kesehatan yang lain
Yang kedua, patuhi protokol kesehatan lainnya. Protokol kesehatan selama pandemi corona bukan hanya memakai masker, namun juga ada protokol lainnya, yaitu :

-          Rajin mencuci tangan pakai sabun
-          Menjaga jarak atau physical distancing
-          Tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan

Dengan mematuhi protokol kesehatan lainnya, risiko tertular virus corona semakin rendah. Anda pun bisa merasa aman selama bekerja di kantor.

  1. Siapkan new normal kit
Yang ketiga, siapkan new normal kit. Apa itu? New normal kit merupakan barang-barang yang wajib Anda bawa di era new normal ini. Barang-barang tersebut adalah :

-          Masker kain
-          Hand sanitizer
-          Tisu kering dan tisu basah
-          Cairan disinfektan
-          Kantong belanja
-          Alat makan pribadi
-          Helm
-          Jaket
-          Alat shalat pribadi
-          Bekal makanan

  1. Asupan nutrisi yang cukup
Yang keempat, cukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini merupakan salah satu cara untuk menjaga diri dari tertular virus corona. Dengan mencukupi nutrisi tubuh, sistem imun akan meningkat. Jika sistem imun baik, tubuh akan mampu melawan virus yang masuk.

Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Kedua jenis makanan ini banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk nutrisi yang mampu menjaga imunitas tubuh Anda.

  1. Bersihkan badan sepulang kerja
Yang kelima, bersihkan badan sepulang kerja. Jika jam kantor sudah usai, segera pulang. Anda tidak perlu melakukan kebiasaan lama seperti nongkrong. Hindari berkumpul dan berkerumun.

Sesampainya di rumah, Anda harus membersihkan diri. Rendam semua pakaian yang Anda kenakan hari itu. Bersihkan semua barang yang Anda bawa dengan menyemprotkan cairan disinfektan. Segera mandi dan bersihkan diri. Jika sudah selesai mandi, baru Anda boleh menyapa keluarga Anda.

Nah, itulah 5 tips mana bekerja saat pandemi. Masker wajib dikenakan sepanjang waktu selama Anda bekerja. Sudah banyak yang jual masker kain sehingga Anda tidak punya alasan lagi untuk hanya memiliki satu masker. Untuk menunjang penampilan, Anda bisa memilih masker dengan warna senada pakaian Anda hari itu atau bisa memilih juga masker fullprint dengan desain yang unik. Dengan demikian, penampilan Anda tetap maksimal meskipun memakai masker.

Post a Comment

0 Comments