11 Ancaman Akhir Anda Sering Tidur Tengah Malam

11 Bahaya akhir Anda sering tidur tengah malam. Awalnya sih tidak terasa apa-apa dan enjoy saja, tapi lama-kelamaan mulai ada yang tidak beres dalam tubuh. Pusing kliengan hingga ingin muntah, timbul penyakit bahkan hingga pada kematian. Untuk itu, sangat penting dan dilarang mengabaikan jam tidur malam.

Banyak orang tidak begitu memperdulikan berapa banyak ia harus tidur untuk mengistirahatkan tubuhnya yang sudah lelah seharian dengan aneka macam aktivitas. Padahal tubuh insan mempunyai keterbatasan. Dengan adanya kemajuan teknologi, maka gaya hidup seseorang tentu mengalami perubahan. Mereka hampir tidak memperhatikan jam-jam tidur yang semestinya.

Penyakit tiba tanpa memberitahu Anda. Menyesal kemudian tidak ada gunanya. Tak sanggup dipungkiri risiko penyakit berbahaya niscaya tiba dan bersarang di tubuh akhir Anda setiap hari tidur tengah malam. Apakah Anda tidak sayang dengan hidup Anda? Pada jam-jam yang seharusnya untuk beristirahat [tidur malam] namun mereka mempergunakannya untuk beraktivitas.
 Bahaya akhir Anda sering tidur tengah malam 11 Bahaya Akibat Anda Sering Tidur Tengah Malam
Ilustrasi perempuan bekerja hingga larut malam. Pixabay Images
Bekerja lembur, menonton video memutar film kesukaan mereka hingga larut malam. Tanpa sadar mereka telah melewatkan jam tidur mereka. Pada awalnya memang biasa-biasa saja, dan hampir tidak terasa efeknya. Akan tetapi bila hal ini berlangsung secara rutin, maka akan ada konsekuensi kesehatan yang terjadi.

Penelitian telah memperlihatkan bahwa bila tidur larut malam secara rutin [empat - lima jam] maka sangat berisiko mengalami serangan jantung, kardiovaskular, tekanan darah menjadi naik, insomnia parah, penurunan sistem kekebalan tubuh, stres hingga berujung pada depresi. Bagi perempuan yang tidur larut malam sanggup meningkatkan risiko kanker payudara.

Masih banyak lagi risiko yang akan Anda alami. Aturlah acara tidur Anda dengan baik. Tidur pada jam yang sama, dan berdiri pada jam yang sama pula biar sanggup mencegah aneka macam penyakit. Mari kita lihat risiko yang akan terjadi;

1. Dapat kuat pada jantung

Sangat fatal, bila Anda sering tidur tengah malam, dan hanya tidur empat hingga lima jam. Jantung akan terasa berdebar-debar. Dalam sebuah studi kesehatan perawat, peneliti telah menemukan fakta bahwa risiko peningkatan terjadi koroner pada mereka yang tidur malam hanya lima hingga tujuh jam atau kurang dari itu.

Begitu juga dalam studi lain menyampaikan bahwa tidur malam yang berkisar antara lima hingga enam jam atau kurang dari itu [dua kali dalam seminggu] sanggup meningkatkan risiko kardiovaskular tiga kali lipat. Coba Anda bayangkan bila Anda secara rutin tidur tengah malam maka apa yang akan terjadi?

2. Akan mengalami pusing [mata berkunang-kunang]

Hal ini pernah dialami saya sendiri alasannya ialah mengerjakan tugas-tugas kantor yang semestinya tidak dibawah pulang ke rumah. Selama tiga hari saya begadang hingga jam satu dini hari. Itu berarti saya hanya tidur empat jam. Apa yang terjadi? saya mencicipi pusing yang luar biasa pada ketika beraktivitas.

Seperti terjadi gempa bumi, alasannya ialah saya [terhuyung-huyung] ketika melangkah. Mata saya tidak sanggup melihat dengan jelas. Begitu besarnya risiko tidur tengah malam membuat saya berjanji pada diri sendiri untuk mengutamakan tidur malam. Saya berharap Anda pun demikian tidak mengorbankan kesehatan dengan melalaikan jam-jam tidur malam.

3. Dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker

Jika sering tidur tengah malam maka berisiko terjadinya kanker. Ini terutama bagi para wanita. Penilitian telah memperlihatkan bahwa perempuan yang sering tidur kurang dari delapan jam per malam [hanya tidur empat sampat lima jam] mempunyai risiko kanker payudara yang lebih tinggi, dibandingkan dengan perempuan yang tidur delapan jam per malam.

Makara para wanita, kita harus memperhatikan acara tidur malam dengan baik. Mengingat tubuh kita sangat sensisitif. Hal ini tidak hanya berlaku bagi wanita, tetapi juga untuk para pria. Tua atau muda, bawah umur atau orang dewasa. Tidur malam sangat penting.

4. Meningkatkan tekanan darah tinggi

Jika Anda hanya tidur empat hingga lima jam saja per malam, maka tekanan dararah akan meningkat. Hal tersebut sanggup kuat pada jantung Anda. Besar kemungkinan sanggup merusak jantung. Tidak hanya itu, imbas jelek juga akan terjadi pada arteri, ginjal, hingga kepada stroke. Anda juga sanggup kehilangan penglihatan.

Sekali lagi jangan pernah mengabaikan jam-jam tidur malam Anda. Sebab penyakit tiba tanpa memberitahukan kepada Anda. Sehat itu murah, tetapi sakit sangat mahal. Anda akan membayarnya dengan seluruh jiwa raga Anda. Menyesal kemudian tidak ada artinya.

5. Dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh

Diketahui bila seseorang sering tidur tengah malam yang hanya empat hingga lima jam saja, maka pada ketika dilakukan vaksinasi [vaksinasi tertentu] menyerupai vaksinasi hepatitis B tidak akan efektif. Semua ini alasannya ialah kondisi tubuh sangat lemah.

Adapun vaksinasi ini bertujuan untuk membuat antibodi yang memperlihatkan daya tahan bagi tubuh terhadap penyakit atau suatu infeksi. Tapi mengingat Anda hanya tidur empat hingga lima jam saja, maka tidak mungkin untuk tubuh menghasilkan antibodi yang baik.

6. Berisiko pada kecantikan

Jika setiap malam seseorang tidur hanya empat hingga lima jam maka tubuhnya akan mengeluarkan sangat banyak kortisol, sehingga sanggup memecah kolagen dan juga protein yang membuat kulit halus dan elastisitas. Tidak hanya itu, ada imbas jelek lain menyerupai menurunnya produksi hormon pertumbuhan yang sanggup mencegah kulit menjadi keriput.

Jadi, Anda akan terlihat jauh berbeda dari umur Anda. Bukannya lebih cantik, tapi kelihatan lebih tua. Kulit wajah berubah kering. Banyak penampakan garis-garis halus keriput di wajah. Lingkaran mata Anda berwarna hitam. Wajah kusam, kasar, kulit berminyak dan jerawatan.

7. Bisa mengalami kecelakaan

Bagaimana tidak mengalami kecelakaan, bila Anda mengemudikan kenderaan pada ketika Anda berada dalam kondisi yang sangat lemah dan mengatuk? penelitian lapangan telah memperlihatkan bahwa sebagian besar dari kecelakaan lalulintas ialah faktor insan (Human error). Salah satunya ialah subjek mengemudikan kendaraan dalam kondisi mengantuk.

8. Risiko kegemukan pun tidak terhindarkan

Jika Anda sering begadang hingga larut malam setiap hari, maka sanggup kuat pada berat tubuh Anda. Mengapa? Karena sanggup mensugesti hormon yang tugasnya untuk merangsang nafsu makan Anda (ghrelin) sehingga Anda merasa lapar tengah malam. Ujung-ujungnya Anda makan pada jam yang seharusnya lambung sudah dalam keadaan istirahat.

Tentunya makan tengah malam sangat tidak sehat. Sementara hormon leptin yang bertugas untuk menekan rasa lapar dan memberitahukan pribadi kepada otak bahwa Anda sudah kenyang menjadi tidak berfungsi. Inilah alasan mengapa sering tidur tengah malam sanggup menambah berat tubuh Anda. Apapun alasannya, makan tengah malam itu sangat tidak baik.

9. Memiliki risiko kematin yang sangat tinggi

Mereka yang tidur malam hanya empat hingga lima jam saja diketahui mempunyai risiko kematian yang sangat tinggi. Berbagai penyakit sanggup terjadi dan menggerogoti tubuhnya. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa studi besar. Penyakit yang mematikan serangan jantung, jantung koroner, stroke, kanker, hati, dan masih banyak lagi. Tentu Anda dan saya tidak menginginkan hal ini terjadi.

10. Tidur hanya empat hingga lima jam per hari sanggup meningkatkan stres

Jika Anda hanya tidur empat hingga lima jam saja maka tubuh Anda dengan sendirinya akan melepaskan hormon stres kortisol, ini berdasarkan spesialis yaitu Dr. Shalini Paruthi. Selain itu berdasarkan fakta lapangan bahwa, tidur hanya empat hingga lima jam membuat seseorang tidak sanggup berkonsentrasi dengan baik dalam mengerjakan pekerjaan di kantor, sehingga menjadi beban. Bisa saja hal ini membuat prestasinya menurun.

11. Tidur hanya empat hingga lima jam sanggup membuat kulit Anda menjadi kering dan kusam

Tidur ialah hal yang paling penting. Namun banyak orang sering mengabaikannya. Padahal manfaat tidur begitu besar bagi kesehatan tubuh kita. Seperti diketahui bahwa tidur merupakan suatu perawatan peremajaan yang sangat besar dari semua perawatan kecantikan yang ada. Ini berdasarkan Seorang hebat khusus dibidang kulit kepala dan kulit, Geoff Wright, ia ialah eksekutif sebuah klinik yang menganalisis problem kulit.

Tubuh mempunyai jam-jam tertentu dalam aneka macam proses. Ini sangat penting untuk kita ketahui sebagai berikut;

  • Jam 20.00 hingga 23.00, ialah waktu untuk hidrasi dan stimulasi.
  • Jam 23.00 hingga 03.00, ialah waktu untuk nutrisi dan regenerasi.
  • Jam 03.00 hingga 05.00, ialah waktu untuk beristirahat.

Kita disarankan untuk tidur paling tidak tujuh hingga delapan jam per malam. Ini paling ideal. Jangan tidur lebih dari delapan jam. Anda bukannya merasa bugar, namun sebaliknya akan merasa lesu dan lemas. Diketahui pula bahwa pada ketika kita tidur yang baik di malam hari, maka sel-sel tubuh kita sanggup memperbaiki fungsi hormon pertumbuhan.

Jika tidur kita terganggu, maka kita cenderung menjadi stres dan hal tersebut sanggup berakibat mengencangnya kapiler sehingga sanggup mensugesti pemikiran nutrisi ke kulit. Kulit akan menjadi kusam dan kering. Inilah faktor penyebabnya.

Hal yang bertentangan;

  • Tidak konsisten dengan acara tidur
  • Menggunakan tidur siang sebagai pengganti tidur malam
  • Tidak mempersiapkan waktu tidur dengan baik
  • Sering bekerja di larut malam

Demikianlah ulasan mengenai 11 ancaman akhir Anda sering tidur tengah malam. Semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments