Ternta Banyak Loh Peran Positif Fintech OJK Bagi Masyarakat? Berikut Ulasannya

Di dalam dunia perekonomian ada banyak istilah yang akan kita temukan, salah satunya adalah financial technology. Definisi atau apa itu fintech sendiri masih belum banyak diketahui oleh orang banyak. Fintech atau financial technology merupakan perusahaan jasa keuangan yang pelayanannya mengandalkan teknologi modern.

Dengan inovasi ini, segala macam jenis pelayanan dapat berjalan dengan lebih cepat sehingga penerima dan pemberi pinjaman dapat merasakan kemudahan dalam melakukan transaksi. Metode pembayaran, pengumpulan dana, pinjaman dan transfer dana berjalan dengan singkat akibat teknologi yang melengkapinya. Akibat kemudahan yang ditimbulkan, masyarakat tak segan untuk melibatkan dirinya dengan perusahaan jasa keuangan berbasis teknologi.


Melihat keberadaan perusahaan keuangan yang berbasis teknologi masa kini, kita dapat melihat bahwa perusahaan keuangan dapat mempengaruhi gaya hidup orang banyak. Melalui teknologi, perusahaan start up dapat berkembang dengan baik. Saat ini telah banyak perusahaan start up yang bermunculan dan menciptakan produk inovasi financial technology, salah satunya adalah Amartha. Amartha menciptakan sebuah produk yang dapat memberikan pengalaman terbaru di bidang digital bangking.

Produk baru ini mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Invovasi berbasis teknologi yang diciptakan oleh pihak Amartha nantinya mampu meningkatkan daya beli masyarakat. Dengan kegiatan pinjam dan meminjam yang dilakukan oleh Amartha, pihak yang terlibat akan terbantu dalam mendapatkan dana. Karena itulah, masyarakat nantinya dapat terbantu untuk mendapatkan dana pinjaman dari Amartha.

Dengan financial technology Amartha, masyarakat tidak perlu merasa khawatir untuk mendapatkan bunga pinjaman yang tinggi. Pasalnya, Amartha tidak memberikan beban bunga yang tinggi kepada peminjam. Setiap transaksi dan pelaksanaan pinjam meminjam dilakukan melalui virtual account. Kegiatan tersebut dilaksakan berdasarkan dengan fintech peer to peer lending Indonesia yang rilis pada tahun 2016. Jik terjadi pelanggaran hukum yang dilakukan oleh penyelenggara, pihak penyelenggara berkewajiban untuk menanggung kerugian yang dialami oleh peminjam. Akibat peraturan ini, peminjam dana pada perusahaan fintech tidak akan menderita kerugian sama sekali. Peminjam dana justru akan mendapatkan dana pinjaman dengan mudah akibat keberadaan inovasi keuangan terbaru ini.

Dalam memberikan layanannya, Amartha memberikan pelayanan hingga ke daerah-daerah terpencil. Peluang pelaku usaha kecil dan mikro dapat terbuka dengan lebar akibat layanan yang diberikan oleh Amartha. Pihak Amartha dapat memberikan pinjaman dalam jumlah besar berdasarkan dengan riwayat pinjaman. Amartha bahkan dapat memberikan pinjaman yang jumlahnya lebih besar dari lembaga keuangan atau pihak bank.

Yang unik dari Amartha adalah pemberian pelayanan kepada pengusaha yang tidak mendapatkan akses pelayanan  keuangan. Pendanaan yang dilakukan oleh fintech ini disalurkan untuk usaha yang produktif. Untuk mitra usaha terpilih dari perusahaan fintech ini adalah pengusaha kecil wanita yang minimal mendanaannya modalnya sebesar Rp. 1.5 juta. Dengan pendanaan ini, pengusaha kecil diharapkan dapat mengembangkan usaha yang dimilikinya.

Post a Comment

0 Comments