Informasi 14 Makanan Ini Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat Ldl

Kita selalu mengabaikan makanan-makanan sehat, dan lebih condong memakan kuliner tinggi kolesterol yang mendatangkan penyakit bagi badan kita tanpa sadar, alasannya memang sangat enak menyantap yang berlemak, berminyak, bergoreng dan yang penuh bumbu penyedap. Bahkan berbagai sahabat saya yang bekerja [punya profesi di bidang kesehatan], malah samasekali tidak menerapakan sajian sehat di kesehariannya. Padahal gotong royong mereka yang paling tahu akhir dari gaya hidup yang tidak sehat tersebut.

Perlu mengubah cara berpikir kita menyerupai ini; "selama masih hidup dan masih sanggup menikmati segala sesuatu, nikmatilah. Penyakit urusan belakang. Toh insan pada balasannya niscaya mati juga. Buktinya, mereka yang sudah mengonsumsi kuliner sehat tapi sakit." Bayangkan, yang sudah menjaga sajian makan saja sakit, apalagi yang tidak? Kan logikanya begitu bukan? Iya belum kini tapi nanti begitu sakit pribadi nggak sanggup bangun. Penyakitnya komplikasi dan sangat mematikan. Misalnya penyakit jantung, jantung koroner, penyakit kanker, stroke, diabetes dan masih banyak lagi.
 dan lebih condong memakan kuliner tinggi kolesterol yang mendatangkan penyakit bagi badan Informasi 14 Makanan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat LDL
Ikan salmon. Pixabay Images
Penyakit tiba dari pikiran dan apa yang kita konsumsi. Ditambah lagi dengan beberapa faktor lain menyerupai lingkungan, genetik, dan gaya hidup. Semua insan tidak hidup selamanya, tapi selama masih dikasih napas, kita ingin panjang umur, menikmati hidup dengan sehat, sukacita dan bahagia. Bukan melalui hari dengan penyakit alasannya lalai menjaga kesehatan. Mari lirik kuliner sehat dan yummy yang baik juga sanggup meminimalkan kolesterol [LDL] dan menambah usia hidup lebih lama.

1. Konsumsilah ikan

Bagi mereka yang tinggal di erat pantai, maka sudah niscaya lebih sering mengonsumsi ikan segar. Ini sangat baik untuk kesehatan. Makan ikan menyerupai ikan salmon, ikan tuna yang melimpah asam lemak omega-3 seminggu tiga kali paling bagus. Dapat mengurangi trigliserida dan lemak dengan meningkatkan HDL, sehingga sanggup memelihara jantung, mengurangi risiko stroke dan peradangan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Loma Linda University, menyampaikan bahwa, jikalau kita mengganti lemak jenuh dengan omega-3 yang terdapat pada ikan herring, sarden, ikan salmon sanggup menambah jumlah kolesterol baik 4 persen. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa, orang yang makan ikan paling tidak satu kali seminggu, mempunyai risiko stroke dan penyakit jantung cuma 27 persen. [Lebih rendah] di bandingkan dengan yang makan daging berlemak.

2. Buah alpukat

Makan buah alpukan segar secara rutin dalam jumlah normal sangat baik untuk kesehatan kita, mengingat buah ini penuh dengan nutrisi dan menunjukkan asam oleat yang sanggup mengurangi LDL dalam fatwa darah. Memiliki beta-sitosterol yang sanggup menghancurkan kolesterol. Kemudian lemak nabati berkhasiat untuk meminimalkan tingkat kolesterol yang diserap dari apa yang kita makan.
Anda sanggup menggunakannya sebagai selai yang dioles pada roti gandum, [ini kebiasaan saya] setiap pagi. Membuat salat juga tidak kalah enaknya. Sedikit masukkan untuk Anda bahwa, buah ini punya lemak dan kalori yang agak tinggi [ dalam satu buahnya terdapat 30 g lemak dan 300 g kalori]. Tapi tidak perlu kuatir. Kalau sanggup makan dalam jumlah sedang saja.
Sebuah penelitian menyampaikan bahwa, orang cukup umur dengan kondisi obesitas dan berat badan yang berlebihan yang diketahui mempunyai LDL tinggi, jikalau mereka rutin makan satu buah alpukat per hari sanggup membantu mengurangi kondisi tersebut. Journal of Lipidology mengungkapkan sebuah artikel terbitannya yaitu, menggunakan alpukat untuk mengganti lemak padat dengan kandungan lemak jenuh tinggi sanggup mengubah profil lipid secara signifikan. Penelitian yang dilakukan oleh University of the Pasific di Stockto California juga menyampaikan hal yang sama.

3. Jenis kacang-kacangan

Seperti diketahui, jenis kuliner ini kaya dengan serat larut dan tidak perlu waktu usang untuk dicerna. Konsumsi kacang-kacangan bikin kita merasa kenyang lebih lama. Mereka juga mempunyai fitosterol. Senyawa flora yang diketahui secara struktural sama dengan kolesterol, fungsinya membantu mengurangi kolesterol dan mencegah terjadinya perembesan di usus. Apa yang dimaksudkan dengan fitosterol? Menurut Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Farmasi UGM, fitosterol yaitu kolesterol rantai pendek yang berfungsi sebagai penghadang kolesterol jahat. Biasanya dikenal HDL.

Kenari dan kacang almond paling padat nutrisi dan tinggi lemak tak jenuh tunggal, lemak omega-3 yang merupakan sejenis lemak tak jenuh ganda yang bekerjasama erat dengan jantung sehat. Selain mengandung dua jenis lemak berguna, terdapat juga protein, diperkaya dengan asam amino, L-arginine.

Kalsium, magnesium, dan kalium juga ditemukan dalam kacang. Mineral ini terkait dengan penurunan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kacang-kacangan juga mengandung protein. Mereka sangat kaya L-arginine, asam amino yang mengakomodasi oksida nitrat. Ini pada gilirannya membantu menstabilkan tekanan darah. Penelitian menyampaikan bahwa, satu hingga dua porsi kacang dikonsumsi tiap hari membantu memotong kolesterol jahat 10,2 mg/dl.

4. Oat, gandum

Mengonsumsi oat, gandum bermanfaat besar bagi kesehatan kita. Sebuah penelitian yang dilakukan secara ekstensif menghubungkan biji-bijian dengan risiko terhadap penyakit jantung lebih rendah. Penelitian tersebut telah mengungkapkan fakta riview terhadap 45 penelitian yang dihubungkan dengan konsumsi biji-bijian mempunyai risiko penyakit stroke dan jantung lebih rendah.

Makan gandum utuh bukan olahan lebih bagus. Usahakan makan 3 porsi gandum utuh per hari alasannya mereka mempunyai serat larut dan penghasil beta glukan yang sangat baik yang sanggup membantu mengurangi kadar LDL 5-10 %. Anda sanggup kombinasikan dengan roti gandum.

5. Kedelai

Nama latin dari kedelai yaitu [Glycine max] merupakan sejenis kacang polong yang sangat besar khasiat sehatnya. Utamanya kesehatan jantung. Tinggi isoflavon, melimpah protein dan serat larut. Makanan berbahan kedelai menyerupai tahu dan tempe punya protein yang tinggi. Ini sanggup sebagai alternatif cerdas untuk mengganti protein dari hewani yang penuh lemak. Ini sanggup bermanfaat mencegah LDL 5% - 6 %. Ganti susu sapi dengan susu kedelai. Konsumsi kuliner ini dalam jumlah normal. Ingat, untuk mendapat manfaatnya, tidak disarankan menggoreng tahu, tempe. Jika Anda ingin kacang kedelai sebagai camilan, Anda sanggup memanggangnya.

6. Cokelat hitam [pahit]

Baca baik-baik ya, yang dimaksud yaitu cokelat hitam. Bukan cokelat kebanyakan yang dijual di mall [cokelat olahan] penuh dengan gula dan susu sapi tinggi lemak yang sering Anda beli. Bukannya untuk sehat, malah sanggup memperburuk kesehatan jantung Anda. Agar mendapat khasiat dari cokelat ini, Anda harus gunakan pribadi kakao, sanggup juga ambil cokelat hitam yang mengandung 85 persen kakao. Jika lebih juga tidak apa-apa. Konsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang. Ini sanggup membantu meningkatkan HDL, mengurangi tekanan darah dan LDL sebanyak 6,5 mg/dl. Selain itu sanggup mengurangi risiko terjadinya penyakit stroke dan kardiovaskular.

7. Minyak zaitun

Memang untuk menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak kelapa untuk memasak setiap hari memerlukan biaya lebih, alasannya harganya lebih mahal dari minyak kelapa. Akan tetapi saya pikir untuk memperoleh kesehatan, kita jangan terlalu perhitungkan murah dan mahalnya. Mau sehat dan panjang umur atau umur pendek dan penyakitan? Minyak zaitun yaitu pilihan terbaik. mengandung polifenol, lemak nabati, melimpah asam lemak tak jenuh tunggal, tinggi antioksidan dan anggun untuk jantung. Memperkecil LDL dan menambah jumlah HDL. Anda hanya boleh konsumsi minyak zaitun per hari dua sendok. Jangan lebih alasannya ia tinggi kalori. Memiliki 30 persen lebih rendah risiko stroke.

8. Kacang polong

Beberapa peneliti dari Arizona State University Polytechnic telah menunjukkan hasil temuannya bahwa, dengan menambahkan setengah cangkir kacang polong pada ketika Anda memasak sup sanggup membantu mengurangi kolesterol total, yaitu secara signifikan memperkecil LDL hingga 8 persen. Sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini alasannya kacang polong sangat tinggi serat. Terbukti sanggup menahan jumlah perembesan kolesterol pada beberapa makanan.

Menurut seorang kepala penelitian di National Diabetes, Obesity and Choleterol, Seema Gulati, yaitu, "sesuai dengan penelitian yang dilakukan, sanggup disimpulkan bahwa pistachico yaitu pilihan kuliner makanan ringan yang paling baik bagi mereka yang cenderung punya risiko duduk masalah diabetes dan metabolisme.

9. Red wine [anggur merah]

Red wine kedengarannya tidak abnormal bagi mereka para pebisnis, alasannya di setiap pertemuan bisnis niscaya disuguhkan minuman ini. Namun, yang akan kita bahas yaitu fungsinya untuk kesehatan. Kaprikornus tidak ditekankan pada minuman. Departemen metabolisme dan nutrisi di Universidad Complutense de Madrid yang berada di Spanyol, telah melaksanakan sebuah studi dan mengungkapkan hasil temuannya bahwa, ketika seseorang mengonsumsi perhiasan anggur dari anggur merah, maka kadar LDL sanggup berkurang hingga 9 persen.

Selain itu, di dalam anggur merah juga terdapat resveratrol. Zat ini berada di kulit anggur merah tersebut. Ini diketahui sanggup menghindari terjadi kerusakan pada pembuluh darah, membantu meminimalkan risiko pengentalan darah. [Ingat, cukup minum segelas anggur merah sehabis makan malam].

10. Bumbu dapur [bawang putih]

Masakan apapun tetap menggunakan bawang putih. Bahkan sering beberapa kuliner tidak memerlukan bumbu lain selain bawang putih dan garam saja. Dibalik tugas besarnya sebagai penyedap masakan, ternyata bawang putih punya segudang manfaat bagi kesehatan. Ia sanggup dipakai sebagai antibiotik dalam mengobati nanah bakteri. Bawang putih juga mempunyai banyak senyawa flora yang kuat. Allicin yaitu senyawa penting yang ada dalam bawang putih. Khasiatnya membantu menstabilkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, jantung koroner, menghidari infeksi. Selain itu zink yang ada di dalam bawang putih membantu mencegah plak penyumbatan pada arteri.

Perhatian
1. Mereka dengan kondisi asma adabaiknya tidak makan bawang putih alasannya mungkin mempunyai imbas samping.
2. Hindari mengonsumsi bawang putih sebelum menjalani operasi atau operasi medis.
3. Konsumsi bawang putih 2-3 siung saja per hari. Jika ingin lebih, Anda harus konsultasikan lebih dahulu dengan dokter. [bagi mereka dengan kondisi tertentu].

11. Teh hijau

Teh hijau mempunyai antioksidan tinggi penangkal kanker. Kajian wacana imbas katekin teh hijau pada tingkat lipid dalam sebuah studi yang di lakukan pada tahun 2011 di American Dietric Assosiation menyampaikan bahwa, orang yang konsumsi 145 mg hingga 300 mg teh hijau dalam waktu 3-25 ahad sanggup membantu mengurangi LDL dan kolesterol total. Kemudian, teh hijau ini mempunyai dua senyawa yang sangat bermanfaat yaitu; guercetin yang membantu mengurangi peradangan dan memulihkan fungsi pembuluh darah. Sedangkan Katekin berfungsi membantu menghidupkan oksida nitrat yang kiprahnya sangat penting untuk tekanan darah sehat, jantung sehat.

12. Buah stroberi

Mengonsumsi buah stroberi rutin dalam jumlah normal secara signifikan sanggup membantu mengurangi trigliserida dan kadar LDL.

13. bayam hijau

Adakah di antara Anda yang tidak suka makan sayur bayam? Sayang sekali alasannya bayam hijau sanggup membantu mempertahankan tekanan darah Anda, Ia sangat kaya dengan kalium dan rendah natrium. Ini penting sekali untuk mereka dengan penyakit tekanan darah tinggi. Makan bayam dengan porsi normal sangat membantu menurunkan hipertensi dan melemaskan pembuluh darah, sehingga mengurangi ketegangan dan stres terhadap kardiovaskular. Lutein yang terdapat dalam bayam juga sudah terbukti membantu dalam memperkecil risiko terjadinya stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis. 

14. Fenugreek

Fenugreek sanggup membantu mengurangi perembesan trigliserida dari kuliner penuh lemak yang kita konsumsi setiap hari. Kelebihan lain yang dimiliki fenugreek adalah, ia membantu meminimalkan produksi kolesterol dalam tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh Sistem Kesehatan Universitas Michigan mengemukakan hasil studinya bahwa, saponis steroid yang terdapat di dalam biji fenugreek sanggup memperlambat daya serap kolesterol dalam usus.

Mungkin bagi beberapa orang tidak begitu mengenal fenugreek. Apa sih fenugreek itu? Fenugreek merupakan flora dengan nama ilmiahnya trigonella foenum-graecum. Tinggi pohonnya sekitar 2 hingga 3 meter. Ia yaitu keluarga kacang-kacangan. Memiliki daun hijau, dan jikalau berbunga warnanya putih berukuran kecil. Biji fenugreek warnanya cokelat keemasan. Sering dipakai di Cina sebagai pengobatan alternatif untuk kulit, termasuk beberapa penyakit lain.

Selain 16 kuliner di atas, ada beberapa kuliner lain penurun kolesterol

1. Havermut
2. Buah-buahan seperti; jeruk, pir, anggur, apel [buah-buahan kaya serat larut, dan pektin]
3. Sayuran hijau renta segar; bayam, kale terdapat lutein dan karotenoid
4. Sayuran kaya akan pektin juga banyak serat; wortel, kentang, terong, okra [okra dan terong punya serat larut yang baik]
5. Yogurt tanpa lemak
6. Paprika merah
8. Berries
9. Asparagus
10. Kubis brussel
11. Brokoli
12. Kenari

Catatan
1. Biasakan mengonsumsi ikan berlemak [seperti ikan salmon, tuna] dalam porsi normal, kacang-kacangan, kacang kedelai, buncis, kacang polong dibandingkan dengan daging [daging merah], susu berlemak tinggi, juga produk hewani.
2. Konsumsi juga buah anggur dan beri alasannya ia kaya dengan senyawa yang sanggup membantu meningkatkan HDL.
3. Cara Anda mengolah kuliner juga turut menunjukkan efek besar. Misalkan dengan menggoreng [tidak dianjurkan]

Demikianlah artikel wacana 14 kuliner ini sanggup menurunkan kolesterol jahat LDL supaya sanggup menjadi perhatian Anda dan berguna.

Post a Comment

0 Comments