Informasi Masakan Mengandung Kolesterol Paling Tinggi

Banyak orang merasa sangat tertekan kalau dihentikan "tolong ya, jangan makan yang goreng, lemak, asin tinggi, dan yang tumisnya pakai macam-macam penyedap." Ini malah jadi tantangan untuk makan sembunyi-sembunyi. Wah ancaman nih. Harusnya kita yang sadar dan ada kemauan. Khusunya bagi Anda yang memang sudah berada di level kolesterol tinggi. Anda musti bijak terhadap diri sendiri. Dapat mengendalikan hasrat makan kuliner tersebut. Kenyataannya kuliner berkolesterol tinggi ini sangat enak dan menantang, sehingga sangat sulit untuk dipantang.

Ingat, mengenai pantangan makan atau mengontrol gaya makan tidak hanya berlaku untuk mereka dengan kondisi kolesterol yang tinggi saja. Tetapi, juga untuk semua kalangan. Siapa saja. Wanita, pria, orang renta dan anak-anak. Memilih gaya hidup sehat sedini mungkin dan Anda niscaya melihat pengaruh sehat jangka panjang yang signifikan.
Banyak orang merasa sangat tertekan kalau dihentikan  Informasi Makanan Mengandung Kolesterol Paling Tinggi
Makanan bergoreng. Pixabay Images
Coba kita perhatikan gambar di atas, betapa sangat menarik hati untuk dinikmati. Hanya kita yang sanggup menyelamatkan diri dari makan kuliner yang mempunyai LDL, kuliner sarat dengan lemak trans yang menjadi penyebab aneka macam penyakit berat. Salah satunya ialah merusak arteri, membentuk plak dan sanggup menjadikan penyakit jantung, jantung koroner dan stroke. Boleh saja kita makan daging ayam, asalkan cara mengolahnya dengan baik, dan sehat.

Jika di tubuh terdapat sangat banyak kolesterol, maka secara tidak pribadi itu akan menumpuk pada arteri kita dan menjadikan pengerasan arteri, aterosklerosis. Pada hasilnya kolesterol meningkat. Efek buruknya ialah pemikiran darah tidak lancar yang berimplikasi pada peradangan, pengumpalan darah sehingga terjadi stroke dan serangan jantung.

Mari kita mengenal sedikit tentng kolesterol

Kolesterol ialah suatu zat yang mirip lemak tubuh kita, diproduksi oleh tubuh kita sendiri yang terdapat di dalam kuliner yang kita konsumsi. Kolesterol ini juga dibutuhkan bagi kesehatan. Meskipun demikian, Anda tidak sanggup ceroboh memasukkan begitu banyak kuliner tidak sehat itu ke dalam tubuh.

Kolesterol terdapat pada setiap sel tubuh yang diketahui punya fungsi alami juga penting disaat kita memproduksi hormon, mencerna makanan, dan menghasilkan vitamin D. Ada dua jenis. Low-density lipoprotein ialah LDL dan High-density lipoprotein ialah kolesterol baik [HDL]. HDL berperan menghilangkan LDL dari arteri dan membawanya ke hati untuk dibuang. Kemudian sebanyak 75 persen kolesterol yang ada di dalam tubuh ini diproduksi oleh hati kita. 25 persen berasal dari asupan makanan.

Penelitian memperlihatkan bahwa meningkatnya bobot tubuh seseorang sangat dekat kaitannya dengan meningkatnya LDL. Ini mempunyai risiko terjadinya penyakit jantung, juga jantung koroner. Dengan demikian, bagi Anda yang overweight, segera turunkan berat badan, kurangi atau hindari sumber kuliner yang meningkatkan berat tubuh Anda semoga sanggup mengatasi LDL. Perhatikan jenis kuliner apa saja yang Anda mesti hindari demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

1. Hindari kuliner cepat saji

Banyak sekali kuliner cepat saji mirip hamburger, ayam goreng, kentang goreng, sosis goreng, dan masih banyak lagi. Makanan tersebut biasanya dimasak dalam minyak terhidrogenasi dan ini paling banyak LDL. Lemak trans yang berlebihan merupakan risiko nomor satu penyakit berbahaya mirip diabetes, jantung, obesitas, dan jantung koroner.

Diketahui bahwa, kuliner cepat saji ini juga mempunyai sodium yang banyak. Anda yang suka sekali makan sajian cepat saji, maka akan alami gangguan regulasi gula darah, lemak tidak sehat bertumpuk di perut, dan peradangan. Sebaiknya makanlah kuliner yang dimasak di rumah dari pada sering makan di rumah makan atau di mall.

2. Telur

Sebenarnya telur ini kuliner yang kaya akan gizi yang diharapkan oleh tubuh, antara lain, protein, vitamin A, vitamin B juga selinium. Namun bagi mereka dengan kondisi LDL di atas normal, perlu berhati-hati jikalau ingin konsumsi telur. Jumlah kolesterol yang ada dalam kuning telur 100 gram : 2335 mg, satu buah telur ukuran sedang : 186 mg, lebih sedikit sebab ditambah dengan putih telurnya. Merupakan 62% dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI). Putih telur bebas kolesterol dan terdapat sebagian besar protein.

4. Keripik kentang

Jika Anda sangat suka makan keripik kentang dan aneka macam jenis keripik yang lain, juga kuliner kemasan ialah sarat LDL. Penelitian memperlihatkan bahwa orang Amerika makan 66 persen kalori itu bersumber dari minuman dan kuliner kemamasan. Karena itulah kebanyakan di antara mereka mengalami obesitas dan juga level kolesterol abnormal. Saya pikir bukan saja orang Amerika, tapi di Indonesia sendiri kita lihat banyak sekali anak muda, orang dewasa, dan orang renta mengonsumsi aneka macam kudapan tidak sehat. Hindari kudapan yang membawa dampak jelek ini segera.

5. Keju kegemaran Anda

Keju memang punya banyak manfaat sehat, akan tetapi Anda tidak boleh ceroboh dengan mengonsumsi keju tanpa batas. Itu berarti Anda mencari dampak buruknya. Untuk itu konsumsi keju sesuai kebutuhan dengan dosis yang tepat, Tentu Anda sanggup menghitungnya sendiri. Keju dengan ukuran 28 gram terdapat 27 mg kolesterol. Jumlah RDI nya ialah 9%. Beberapa penelitian menyampaikan bahwa, keju mempunyai banyak lemak, namun tidak besar lengan berkuasa jelek untuk kadar kolesterol.

Di dalam keju terdapat nutrisi. Selain itu protein, vitamin A, vitamin B, dan kalsium yang mempunyai kegunaan untuk tubuh. Akan tetapi terdapat sejumlah besar kalori dalam keju, sehingga ukuran yang terbaik bagi Anda dalam mengkonsumsi keju ialah 1 hingga 2 ons per porsi. [Harap diperhatikan].

6. Alkohol sangat tidak sehat

Apakah ada yang sanggup menyampaikan bahwa konsumsi alkohol menciptakan seseorang menjadi sehat dan bugar? Benarkah alkohol sanggup menciptakan seseoran bersemangat? Jelas-jelas itu hanya memperburuk kesehatan. Mengembangkan penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi alkohol akan meningkatkan tekanan darah dari normal menjadi asing dan meningkatkan kadar trigliserida. Jadi, saya pribadi tidak mentoleransi pendapat seseorang seperti, "konsumsi alkohol terbatas [jumlah sedikit] tidak masalah."

7. Makanan goreng

Yang namanya kuliner bergoreng niscaya disukai setiap orang, termasuk saya. Tapi syukurlah sebab sudah hampir 11 tahun saya skip aneka macam makan gorengan tersebut. Saya sadar betul itu tidak sehat. Seperti diketahui, daging goreng juga melimpah LDL. Terdapat banyak kalori dan lemak trans. Kalau kita mau sehat, sanggup saja pilih kuliner lain yang sehat daripada konsumsi kuliner enak yang menjadikan penyakit jantung dan diabetes. 

8. Produk susu

Penelitian telah memperlihatkan bahwa jikalau kita mengganti asam lemak jenuh dari susu dan lemak trans dengan lemak tak jenuh ganda, ini sanggup membantu menurunkan kadar LDL sehingga mengurangi penyakit jantung. Dengan demikian, kita mesti hati-hati dengan beberapa produk susu yang ternyata kandungan lemaknya tinggi, sebab sanggup menciptakan kadar kolesterol kita meningkat. Terdapat banyak asam lemak jenuh di dalam lemak susu yang diketahui punya dampak negatif terhadap tubuh mirip asam miristat, asam laurat yang mana sanggup meningkatkan total kolesterol plasma, utamanya [LDL]. Pilihlah produk susu yang tidak ada lemak jenuh. Baca label produk susu tersebut.

9. Daging olahan

Sebuah studi terbaru menyampaikan bahwa, daging olahan sangat dekat kaitannya dengan penyebab penyakit stroke, kardiovaskular juga kanker tertentu. Mereka juga tinggi sodium. Namun konsumsi daging yang bukan hasil olahan kecil sekali risikonya. Contoh daging olahan seperti. hot dog, sosis, bacon dan nuget. Jika Anda terpaksa ingin mengonsumsi daging tersebut, hanya dalam jumlah terbatas saja.

10. Otak

Menurut beberapa teman saya, otak binatang sangat lezat. Tapi sayang, saya paling tidak suka. Makanan ini sarat kolesterol, juga terdapat lemak. Misalnya, 100 gram otak domba terdapat 1352 mg. Kemudian 100 gram otak sapi mempunyai 3100 mg. Luar biasa, kuliner paling enak dan kolesterolnya menantang. Bagaimana berdasarkan Anda? Hendaknya berpikir berkali-kali untuk mengonsumsinya. Apalagi jikalau Anda dengan kondisi kolesterol asing atau hipertensi. Hapus saja dari daftar sajian Anda ya.

11. Kerang jenis kuliner bahari yang yummy

Kerang mempunyai banyak kolesterol, namun jikalau dibandingkan dengan daging sapi dan udang, kadar kolesterol dan lemak jenuh kerang lebih rendah. misalnya, 100 g kerang bahari mempunyai 27 mg, sedangkan 100 g udang : 147 mg, 100 g tiram liar : 105 mg. Ada beberapa jenis kerang mempunyai sterol nonkolesterol yang sanggup membantu memperkecil perembesan kolesterol dan lemak. 3 ons gurita : 82 mg kolesterol. Sotong lebih besar lagi kolesterolnya, yaitu 3 ons sotong : 190 mg.

Pada tahun 2011, American Journal of Clinical Nutrition telah menerbitkan sebuah studi lain yang memperlihatkan bahwa, tidak terdapat pengaruh jelek mengonsumsi kerang untuk risiko diabetes tipe-2. Tapi tetap saja Anda harus berhati-hati jikalau ingin makan kuliner tersebut dalam jumlah terbatas.

12. Makanan pencuci verbal

Ada aneka macam sajian pencuci verbal yang biasanya sangat tinggi gula. Terkait dekat dengan penyakit jantung, diabetes. Komposisi dari kuliner ini punya banyak kalori yang sangat tidak sehat dan lemak jenuh. Akibat dari konsumsi sajian yang tidak sehat ini ialah tubuh menjadi kegemukan [obesitas]. Akhirnya tiba aneka macam penyakit, sebab kuliner ini tidak punya nutrisi sehat untuk tubuh.

13. Ginjal dan hati

Perhatikan beberapa kuliner berikut dengan jumlah kolesterolnya; 100 g hati ayam : 563 mg, 100 g ginjal sapi yang sudah direbus : 791 mg,  sementara yang kering per 100 g : 791. Selain itu daging merah dan semua jeroan binatang kaya kolesterol. Bagaimana, Anda berminat?

Selain 13 kuliner di atas, ada beberapa penyebab lain seperti
a. Gaya hidup
b. Genetik
c. Penyakit hati atau ginjal
d. Kelenjar tiroit kurang aktif
e. Sindrom ovarium polikistik
f. Obat-obat yang sanggup menurunkan LDL dan mengurangi HDL
g. Kehamilan
h. Diabetes

Harvard Health telah mengidentifikasi beberapa jenis kuliner yang sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol
a. Kacang polong
b. Makanan penuh serat
c. Buah-buahan segar [apel, stroberi, jeruk, anggur]
d. Ikan tuna dan salmon
c. Gandum
d. Minyak sayur  yang tidak terhidrogenasi [bunga matahari dan canola]
e. Makanan terbuat dari kedelai contohnya tempe, kedelai dan susu kedelai
f. Terung

Makanan yang kaya lemak jenuh
a. Sosis
b. Mentega
e. Hamburger
f. Biskuit
g. Keju keras
h. Krim
i. Pai daging
y. Makanan bersantan
k. Minyak sawit

Makanan kaya lemak tak jenuh
a. Alpukat
b. Bunga matahari
c. Minyak zaitun
d. Kacang-kacangan
e. Biji-bijian
f. Ikan tuna dan salmon

Makanan lain yang termasuk lemak trans
a. kerupuk
b. popcorn mentega
c. cookies dikemas
d. donat
e. kudapan bagus kering
f. semua produk yang mengandung minyak nabati terhidrogenasi atau terhidrogenasi parsial
g. frosting dikemas
h. roti putih
i. Makanan kemasan

Catatan
a. Ternyata diet ketat bebas lemak juga tidak sepenuh nya baik, malahan sanggup berdampak buruk, sebab sanggup menimbulkan peradangan, menggangu fungsi otak dan saraf normal.

a. Anda tidak harus menghentikan total kuliner yang berlemak, tetapi gantikanlah dengan lemak tak jenuh yang sanggup membantu mengurangi penyumbatan arteri dan meningkatkan HDL.

b. Selain mengurangi makan kuliner sarat kolesterol dan berlemak, Anda juga harus memperbaiki gaya hidup. Stop merokok, minum minuman alkohol, dan rajin berolahraga

Berikut beberapa keterangan perihal kadar kolesterol LDL dan HDL yang mungkin sanggup membantu Anda

Untuk orang dewasa, kadar kolesterol total kurang dari 200 miligram per desiliter (mg / dL) dianggap sehat.

a. Pembacaan antara 200 dan 239 mg / dL : batas tinggi.
b. Pembacaan 240 mg / dL dan di atas sudah dianggap tinggi.
-----------------------------
Kadar kolesterol LDL harus kurang dari 100 mg / dL.

100-129 mg / dL sanggup diterima bagi mereka yang tidak mempunyai persoalan kesehatan, akan tetapi mungkin menjadi perhatian untuk semua orang dengan penyakit jantung dan atau faktor risiko penyakit jantung.

a. 130—159 mg / dL : batas tinggi.
b. 160–189 mg / dL : tinggi.
c. 190 mg / dL atau lebih tinggi dianggap paling tinggi.
-----------------------------
Level HDL harus dijaga lebih tinggi. Pembacaan optimal untuk tingkat HDL ialah 60 mg / dL atau lebih tinggi.

a. Pembacaan kurang dari 40 mg / dL sudah dianggap sebagai faktor risiko utama penyakit jantung.
b. Pembacaan dari 41 mg / dL hingga 59 mg / dL : batas rendah.
------------------------------

Demikianlah artikel perihal informasi kuliner mengandung kolesterol paling tinggi. Semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments