Internet Banking: Cara kerja, Syarat dan Registrasi

IB BRI merupakan layanan untuk melakukan transaksi perbankan yang dilakukan secara online. Kegiatan ini memanfaatkan teknologi internet sebagai media untuk melakukan transaksi dan mendapatkan informasi lainnya melalui website milik bank. Kegiatan ini bisa dilakukan secara online sebagai perantara atau penghubung antara para nasabah dengan bank tanpa mereka harus mendatangi kantor bank. Metode ini menjadi sangat efektif bagi para nasabah untuk melakukan kegiatan transaksi. Para nasabah bisa menggunakan perangkat seperti komputer, laptop, tablet ataupun ponsel yang terhubung ke jaringan internet sebagai penghubung antara nasabah dengan sistem bank.

 


Cara Kerja Layanan Internet Banking

Jika Anda ingin menggunakan Internet Banking, pastikan Anda harus mempunyai user id, password, token atau One Time Password (OTP), dan jaringan internet. Untuk mendapatkan user id, password, dan token, maka Anda harus mendaftarkan diri ke Bank yang Anda gunakan tersebut. Saat Anda menggunakan Internet Banking maka wajib memastikan website yang akan Anda akses adalah website internet banking milik bank. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukan user id dan password pada halaman awal atau login. Pada saat Anda melakukan transaksi, Anda akan diminta untuk memasukan One Time Password (OTP) yang diperoleh dari token. Setelah transaksi yang Anda lakukan selesai, Anda harus memastikan bahwa telah keluar/log out dari halaman Internet Banking. Biasanya setelah transaksi dilakukan, bank akan mengirimkan notifikasi melalui email atau sms sebagai bukti bahwa transaksi telah berhasil.

 

Jika Anda ingin menggunakan Internet Banking untuk bertransaksi dengan lebih mudah, sebaiknya Anda melakukan registrasi terlebih dahulu. Sebagai contoh, bank yaitu BRI, merupakan bank yang menggunakan Internet Banking untuk memudahkan nasabahnya.

 

Registrasi Internet Banking Mudah dengan Bank BRI

        Registrasi awal di ATM BRI untuk membuat password yang akan Anda digunakan untuk login BRI Internet Banking.

        Registrasi mToken dapat dilakukan di seluruh Kanca/KCP BRI dengan melengkapi dan menandatangani formulir permohonan.

 

Adapun cara untuk mendaftar Internet Banking BRI di mesin ATM, antara lain:

        Masukan kartu ATM BRI

        Ketik PIN ATM Anda

        Pilih menu lainnya, lalu pilih menu “Internet Banking”

        Anda akan diminta memasukkan password untuk akun internet banking

        Untuk konfirmasi, ulangi ketik password yang sama

        Anda akan mendapatkan User ID Internet Banking

        Setelah selesai, Anda akan mendapatkan struk yang berisi User ID dan password akun Internet Banking BRI.

 

Pastikan ketika Anda ingin registrasi Internet Banking BRI, Anda mengetahui persyaratannya. Berikut adalah persyaratan Internet Banking BRI:

 

Persyaratan Internet Banking BRI

        Kartu Identitas diri (KTP).

        Nasabah tabungan BRI (BritAma, BritAma Junior atau Simpedes) dan Giro (Perorangan) yang memiliki kartu ATM BRI dalam status aktif.

        Memiliki ponsel dengan sim card operator yang telah bekerjasama dengan Bank BRI seperti Telkomsel, XL, Indosat, Telkom Flexy, Bakrie Telecom, dan Mobile-8).

        Memiliki alamat email aktif untuk menerima notifikasi transaksi BRI Internet Banking.

 

Dengan memahami cara serta persyaratan untuk membuat IB BRI ini pastinya membuat Anda semakin tertarik untuk membuat Internet Banking karena kemudahan akses yang diberikan, Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari mesin ATM atau pergi ke bank. Tetapi setelah Anda mengetahui tentang hal tersebut, Anda tetap harus ekstra hati-hati dalam menggunakan layanan Internet Banking. Banyak sekali resiko yang mungkin saja bisa terjadi, terutama tindak kejahatan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

 

Deskripsi: IB BRi memberikan kemudahan untuk melakukan pendaftaran bagi siapa saja, segera lakukan registrasi sekarang juga.

Post a Comment

0 Comments