16 Manfaat Asing Mendengar Musik Untuk Kesehatan Dan Pemulihan Dari Sakit

16 Manfaat asing mendengar musik untuk kesehatan dan pemulihan dari sakit ternyata sangat penting. Saya sendiri mencicipi bagaimana musik sanggup membuat hidup saya bersemangat. Jika lagi murung dan resah musik sanggup mengubah suasana hati menjadi riang. Bahkan dalam kondisi stres. Hidup tanpa musik menyerupai dunia ini tak berpenghuni. Mendengarkan lagu yang sangat kita senangi sanggup mengembalikan memori kita. Musik dengan irama lambat, tenang, sanggup memperlihatkan terapi dalam pemulihan penyakit kita.

Saya harap Anda mau membiasakan diri untuk mendengar musik dalam menjalani hari-hari hidup dan rasakan berjuta manfaatnya. Diketahui bahwa, otak kita punya jalur yang berbeda dalam merespons atau memproses bermacam-macam musik seperti; melodi ritme, nada dan tempo. Dengan mendengar lagu tertentu yang sangat Anda suka, maka sanggup membuat hati dan jiwa Anda menjadi tenang, bahagia, ceria, dan terlebih lagi sanggup mengembalikan memori. Musik slow menyenjukkan jiwa, sedangkan musik cepat membantu meningkatkan detak jantung kita, juga membuat kita bersemangat.
 Manfaat asing mendengar musik untuk kesehatan dan pemulihan dari sakit 16 Manfaat Ajaib Mendengar Musik Untuk Kesehatan Dan Pemulihan Dari Sakit
Unsplash Images
Efek musik yang dialami pada setiap orang tentu tidak sama. Penelitian menyampaikan bahwa, otak kita akan melepas zat kimia yaitu dopamin yang membuat suasana hati kita enjoy jikalau mendengar musik yang kita sukai. Efek musik juga sanggup membuat seseorang merasa sedih, bangga atau sebaliknya menjadikan emosi. Penelitian paling gres memperlihatkan bahwa mendengarkan musik membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara ajaib.

Saat kita berguru dan berlatih musik maka secara pribadi sanggup membantu meningkatkan IQ kita. Bahkan hingga usia lanjut otak kita tetap berfungsi dengan baik. Di bawah ini Anda sanggup melihat 16 manfaat asing dari mendengar musik.

1. Pasien yang mendengar musik sebelum dan setelah operasi membantu menenangkan mereka

Peneliti menemukan bahwa pasien yang mendengarkan musik santai sebelum operasi membantu mengurangi rasa cemas mereka. Malahan paling efektif dari pada obat midazolam yang sering diberikan untuk pasien supaya mengantuk sebelum dioperasi. Penelitian lain pun menyebutkan bahwa pasien yang gres saja selesai operasi jantung jikalau mendengar musik maka sanggup lebih santai.

2. Pasien kanker yang mendengar musik sanggup membantu mengurangi rasa sakit, stres dan cemas

Seperti kita ketahui bahwa pasien kanker sangat sensitif. Ini menurut pengalaman saya menghadapi sahabat yang beberapa waktu kemudian didiagnosa terkena kanker. Ia merasa bahwa hidupnya sudah berakhir, dan yang ada hanyalah menunggu kematian. Emosi dan stres menjadi bagiannya setiap hari. Perlahan saya dekati dan memperlihatkan sedikit pencerahan psikologi.

Pertama jiwanya harus tenang supaya sanggup menyiapkan diri [fisik dan psikis] untuk memasuki tahap demi tahap pengobatan. Menerima semua yang terjadi, kemudian berdamai dengan rasa sakit. Buang rasa egois, dengki, dendam. Terakhir memaafkan. Setelah itu dengarkan musik. Syukurlah, ia sanggup jalani semua itu dengan baik. Singkat cerita, kini ia ialah seorang survivor kanker yang hebat.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Drexel University tepatnya di Philadelphia menemukan bahwa terapi musik dan musik yang sudah direkam terlebih dahulu membantu mengurangi rasa sakit lebih dari perawatan standar pada pasien kanker.

3. Musik begitu penting membantu pemulihan pasien Stroke

Untuk Anda yang mempunyai keluarga atau orang terdekat dengan kondisi stroke, jangan bebankan mereka dengan problem dan situasi rumah yang tidak tenang. Tetapi segera berikan kepada mereka musik yang sesuai dengan keinginan mereka.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Helsinki telah memperlihatkan bahwa, pasien stroke secara rutin mendengarkan musik selama 1 hingga 2 jam sehari maka sanggup membantu meningkatkan pemulihan fungsi kognitif mereka secara signifikan. Sedangkan buku audio tidak membawa perubahan berarti. Apalagi hanya memperlihatkan buku bacaan.

Peneliti lain di Finlandia menyampaikan hal yang hampir sama dengan penelitian di Universitas Helsinki bahwa, pasien stroke yang mendengarkan musik favorit mereka selama 2 jam dalam sehari maka sangat besar pengaruhnya terhadap memori dan perhatian mulut mereka menjadi positif meningkat dibanding cuma mendengar buku audio, atau malah tidak mendengar musik samasekali.

4. Memiliki imbas yang sangat baik dalam membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah

Dalam temuan beberapa ilmuan bahwa emosi yang di rasakan para pasien ketika mendengarkan lagu kesukaannya punya imbas yang sangat baik [sehat] untuk fungsi pembuluh darah mereka. Perasaan senang sangat membantu meningkatkan pedoman darah.

5. Melindungi otak kita tetap sehat di usia lansia

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap para lansia [manusia lanjut usia] dengan kondisi sehat telah menemukan bahwa mereka yang mempunyai pengalaman bermusik dalam jangka waktu 10 tahun ke atas mempunyai skor tes kognitif yang tinggi dibandingkan dengan mereka yang berguru musik cuma 1 hingga 9 tahun. Sedangkan yang bukan pemusik mempunyai skor rendah.

Penelitian paling gres menyampaikan bahwa, musik sanggup mengkomunikasikan perasaan dasar insan terlepas dari latar belakang budaya dan etnis si pendengar. Plato menyampaikan bahwa, "musik dan irama menemukan jalan mereka ke tempat-tempat diam-diam jiwa." Tak peduli apakah usiamu muda atau tua, sehat atau sakit, senang atau sedih, musik sanggup menambah kualitas hidupmu dalam banyak sekali cara.
 
Penelitian lain menyampaikan pula bahwa orang lanjut usia yang terus aktif bermain musik sanggup membantu menjaga otak mereka tetap sehat dan berfungsi dengan baik meskipun usia terus bertambah.

6. Membantu meingkatkan kinerja pada tugas-tugas kognitif.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya telah menemukan bahwa mendengarkan musik sebelum menghadapi ujian memungkinkan para akseptor ujian sanggup menjawab lebih banyak soal dengan benar sesuai dengan waktu yang ditentukan.

7. Musik sanggup mengubah kecepatan gelombang otak

Pada ketika kita mendengarkan musik slow maka itu sanggup membuat kegiatan dari gelombang otak kita, selain itu juga mengubah kecepatan gelombang otak. Bisa dirasakan ketika kita sedang meditasi. Musik slow benar-benar membawa kita pada ketenangan hingga sanggup berkonsentrasi penuh. Banyak penelitian telah memperlihatkan bahwa, menggunakan rhitmic stimuli untuk menginduksi keadaan tersebut punya imbas terapeutik yang sangat baik, membantu meminimalkan tanda-tanda PMS, migrain.

8. Bermanfaat untuk mereka yang dengan kondisi depresi

Banyak sekali penderita depresi di Indonesia, dan menyerupai kita ketahui, ada 350 juta penderita di seluruh dunia. Bahkan sudah lebih dari angka tersebut. Jumlah yang terbesar dari perkara ini ialah mereka yang mengalami insomnia. Penelitian telah menemukan bahwa dengan mendengarkan musik sebelum tidur berhasil menurunkan tanda-tanda depresi secara drastis. Musik sanggup mengusir suasana hati yang gundah. Apalagi ketika putus cinta, seseorang sanggup mengalami sedih, kecewa dan putus harapan. Musik membantu mengubah susana hati.

9. Musik punya kekuatan asing untuk membuat kita merasa bahagia

Percaya atau tidak musik sudah menjadi kepingan hidup setiap orang. Saya jamin 99 persen kaki Anda akan bergoyang ketika mendengar musik. Presiden Repulik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo pun tak tahan mendengar lagu dangdut pada pembukaan Asian Games 2018 kemarin. Ia bergoyang mengikuti irama dengan penuh semangat dan wajah bahagia. Luar biasa bukan! I love you Mr. President.

Musik sanggup mengubah banyak hal, musik irama cepat punya kekuatan magic membuat suasana murung menjadi senang dan penuh semangat. Kita jadi berangasan dalam melaksanakan aktivitas. Dalam film horor juga musik punya kiprah penting. Para penonton akan merasa berdebar menyaksikan adegan demi adegan. Banyak hal lagi perihal manfaat musik.

Penelitian telah membuktikan, pada ketika kita mendengarkan musik dengan cara khusus dan kita sukai, maka dengan sendirinya menimbulkan otak kita melepaskan dopamin [neurotransmitter] sebagai materi kimia yang baik. Anda jangan kaget jikalau mencicipi sukacita, gembira, bahagia, bahkan emosi yang meledak-ledak pada ketika mendengar musik.

10. Menambah kekebalan tubuh

Berdasarkan analisis yang dilakukan pada tahun 2013, penulis Mona Lisa Chanda dan Daniel Levitin menyimpulkan bahwa musik mempunyai potensi penting menambah kekebalan tubuh, namun ini gres awal dari penelitian mereka. Lanjutnya, "Saya pikir musik ialah obat alami yang tidak mempunyai imbas samping apapun menyerupai pada obat kimia.

Penelitian juga memperlihatkan bahwa musik membantu menurunkan tingkat hormon stres kortisol, penyebab melemahnya kekebalan tubuh, tekanan darah naik, menurunkan kepadatan tulang, risiko penyakit jantung, dan mengganggu memori.

Sementara itu penelitian lain yang dilakukan oleh Massachusett General Hospital yaitu, ketika mendengarkan piano Mozart sanggup membantu merelaksasi para pasien yang kritis dengan cara mengurangi hormon stres.

11. Musik Membantu mengembalikan daya ingat pasien Alzheimer

Seperti kita ketahui bahwa, penyakit alzheimer's disease [dimensia] umumnya terjadi pada lansia, dan menimbulkan satu dari tiga orang lansia meninggal dunia dengan kondisi penyakit tersebut. Jadi, jikalau di keluarga Anda terdapat orang renta tercinta yang mempunyai kondisi dimensia, silahkan luangkan waktu untuk mainkan musik yang sesuai dengan keinginan mereka sehingga membantu mengembalikan daya ingatnya.

Dr. Laura Mosqueda, Direktur Geriatrics di University of California di Irvine School of Medicine, menyampaikan bahwa musik sangat mensugesti banyak area otak, ia merangsang jalur yang mungkin masih sehat.

12.  Membuat tidur lebih nyenyak

Hal yang sangat memnganggu dan menimbulkan saya tidak sanggup tidur ialah stres. Bagaimana tidak? Saya sudah di daerah tidur tapi pikiran terbang kemana-mana. Pikirkan pekerjaan yang belum selesai, marahan dengan pacar, besok harus ke kondangan. Akhirnya tidak sanggup tidur, cemas dan stres. Rentetannya panjang kalau sudah begini, Insomnia, denyut jantung tidak beraturan, pusing dan tidak sanggup konsentrasi. Tapi saya punya cara untuk mengatasinya yaitu, saya putar lagu kesukaan saya. Instrumen lembut [piano, biola], barulah otak sanggup istirahat dan saya tidur dengan nyenyak. Ini pengalaman saya

13. Musik sanggup membantu pemulihan pasien penderita penyakit jantung juga memperkuat hati

Rumah sakit Umum Massachusetts telah melaksanakan beberapa pengamatan terhadap para pasien yang menderita penyakit jantung dan selalu berbaring di daerah tidur sambil mendengarkan musik kuramg lebih 30 menit menghasilkan detak jantung lebih lambat, tekanan darah menurun [lebih rendah] dibandingkan dengan pasien yang tidak mendengarkan musik.

Pada ketika Anda mendengar musik, maka membantu untuk melepaskan endorphin di otak Anda. Hal tersebut sangat berkhasiat untuk kesehatan kardio vaskular. Mereka yang gres saja menjalani operasi jantung dan mendengarkan musik sanggup membantu meminimalkan rasa sakit dan cemas.

14. Musik sanggup membantu otak membentuk pola-pola untuk meningkatkan memori

Sebuah penelitian memperlihatkan unsur-unsur melodi juga ritme yang kita dengar berulangkali sanggup membantu otak kita membuat pola-pola yang meningkatkan memori. Ini telah di teliti pada pasien dengan kondisi stroke, dimana mereka diberikan kesempatan untuk mendengarkan lagu kesukaan mereka maka secara signifikan mengalami memori mulut dan menjadi lebih fokus. 

15. Membantu mengurangi selera makan

Seperti diketahui bahwa, Georgia Tech University telah melaksanakan penelitian, jikalau seseorang makan sambil diiringi musik dan cahaya lampu yang agak redup sanggup membuat mereka makan lebih sedikit. Anda boleh coba [untuk yang punya bobot badan berlebih].

16. Meminimalkan stres Anda

Mari kita kurangi stres dengan mendengarkan lagu. Ini disarankan untuk semua orang. Wanita, pria, tua, muda dan tanpa batasan umur. Ambil lagu kesukaan Anda kemudian dengarkan secara rutin, tanpa sadar Anda sudah memperlihatkan terapi jago untuk diri sendiri. Hati, jiwa, pikiran lega.

Manfaat asing lain dari mendengar musik

1. Meningkatkan mood
2. Membantu mengatur emosi
3. Menciptakan relaksasi
4. Mengurangi kecemasan
5. Meningkatkan stimulasi mental dan fisik
6. Dapat meningkatkan latihan aerobik
7. Membantu meringankan rasa sakit
8. Membantu meningkatkan komunikasi
9. Mengatasi rasa takut yang berlebihan
10. Memberi rasa nyaman di hati
11. Mengusir kesepian
12. Meredakan emosi [marah]
13. Musik sanggup memotivasi seseorang berlari lebih cepat
14. Membantu mengurangi rasa sakit pada pasien perawatan intensif juga pasien perawatan geriatrik
15. Meningkatkan mood pada ketika kita berkendaraan
16. Makan lebih sedikit
17. Membantu mengurangi tingkat kortisol
19. Membantu meningkatkan kewaspadaan terhadap mental
20. Sebagai motivasi bagi pengendara sepeda stasioner
21. Membantu memperbaiki suasana hati para pengemudi ketika menghadapi kemacetan
22. Membantu proses pemulihan fisik pasca latihan
23. Daya tahan latihan makin bertambah

Demikianlah artikel 16 Manfaat asing mendengar musik untuk kesehatan dan pemulihan dari sakit.

Post a Comment

0 Comments